Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013 - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Administrasi Sekolah,
Artikel Guru SD,
Artikel Kurikulum 2013, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
link : Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 (K-13) lebih kompleks bila dibandingkan dengan penilaian di kurikulum sebelumnya. Dalam proses penilain K-13, seorang guru harus melaksanakan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3) dan penilaian keterampilan (KI-4).
Salah satu manajemen yang harus disediakan oleh guru kelas Sekolah Dasar (SD) dalam penilaian ialah adanya Buku Nilai Siswa. Buku nilai siswa seseuai K-13 ini berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian simpulan semester dan tahun(PAS/PAT).
Download Daftar Nilai Harian Semester 2 Kurikulum 2013
Karena merupakan hal yang baru, beberapa guru kelas SD kesulitan mendapat Buku Penilaian K-13. Berdasarkan hal tersebut, seorang guru, Nana Somana mencoba untuk menciptakan format buku penilaian K-13 untuk melengkapi manajemen kelas. Menurutnya, Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai K-13. Salah satunya alasannya ialah kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten dalam pembuatan buku bimbing tematik yang tidak konsisten.
Penilaian K-13 ini berbasis tema alasannya ialah dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di SD dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam, Matematika, dan PJOK. Pada pembelajaran tematik K-13 setiap tema dibagi 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap simpulan dari setiap subtema dilaksanakan penilaian harian yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP.
Baca: Soal Ulangan PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Semester 2
Pemetaan KD sesuai K-13 revisi terbaru semester 2 erlu dilakukan alasannya ialah sanggup mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil mencar ilmu penerima didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal. Dengan pemetaan KD sanggup mengetahui KD yang muncul pada pembelajaran. Pada buku penilaian K-13 yang dibentuk tersebut sudah dipetakan KD yang muncul pada penilaian harian.
Bagi guru kelas yang belum mempunyai format buku penilaian K-13 untuk penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian simpulan tahun (PAT) khususnya semester 2, sanggup mendownloadnya melalui link berikut ini:
1. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 1 Semester 2
2. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 2 Semester 2
3. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 3 Semester 2
4. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 4 Semester 2
5. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 5 Semester 2
Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes mulut dan perbuatan. Tidak harus semua tehnik penilaian dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia. Nilai simpulan rata-rata harian masing-masing KD merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh atau sanggup juga dilakukan dengan sistem pembobotan menyerupai : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes mulut + nilai tugas:2).
Baca: Panduan Penilaian Kurikukulum 2013 Untuk SD
Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan (KI-4), sesuai buku panduan, bila dalam satu KD dengan bahan yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama. Misal dalam KD 4.1 melaksanakan penilaian praktek 2 kali, maka nilai yang diambil nilai maksimum. Namun bila penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda, contohnya praktek, produk dan proyek, maka nilai simpulan ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.
Anda sekarang membaca artikel Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/03/belajar-bersama-buku-daftar-nilai-siswa.html
Judul : Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
link : Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Format buku penilaian Kurikulum 2013 untuk penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian simpulan tahun (PAT). |
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 (K-13) lebih kompleks bila dibandingkan dengan penilaian di kurikulum sebelumnya. Dalam proses penilain K-13, seorang guru harus melaksanakan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3) dan penilaian keterampilan (KI-4).
Salah satu manajemen yang harus disediakan oleh guru kelas Sekolah Dasar (SD) dalam penilaian ialah adanya Buku Nilai Siswa. Buku nilai siswa seseuai K-13 ini berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian simpulan semester dan tahun(PAS/PAT).
Download Daftar Nilai Harian Semester 2 Kurikulum 2013
Karena merupakan hal yang baru, beberapa guru kelas SD kesulitan mendapat Buku Penilaian K-13. Berdasarkan hal tersebut, seorang guru, Nana Somana mencoba untuk menciptakan format buku penilaian K-13 untuk melengkapi manajemen kelas. Menurutnya, Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai K-13. Salah satunya alasannya ialah kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten dalam pembuatan buku bimbing tematik yang tidak konsisten.
Penilaian K-13 ini berbasis tema alasannya ialah dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di SD dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam, Matematika, dan PJOK. Pada pembelajaran tematik K-13 setiap tema dibagi 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap simpulan dari setiap subtema dilaksanakan penilaian harian yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar (KD) muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP.
Baca: Soal Ulangan PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Semester 2
Pemetaan KD sesuai K-13 revisi terbaru semester 2 erlu dilakukan alasannya ialah sanggup mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil mencar ilmu penerima didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal. Dengan pemetaan KD sanggup mengetahui KD yang muncul pada pembelajaran. Pada buku penilaian K-13 yang dibentuk tersebut sudah dipetakan KD yang muncul pada penilaian harian.
Bagi guru kelas yang belum mempunyai format buku penilaian K-13 untuk penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian simpulan tahun (PAT) khususnya semester 2, sanggup mendownloadnya melalui link berikut ini:
1. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 1 Semester 2
2. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 2 Semester 2
3. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 3 Semester 2
4. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 4 Semester 2
5. Format Buku Penilaian K-13 Kelas 5 Semester 2
Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes mulut dan perbuatan. Tidak harus semua tehnik penilaian dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia. Nilai simpulan rata-rata harian masing-masing KD merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh atau sanggup juga dilakukan dengan sistem pembobotan menyerupai : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes mulut + nilai tugas:2).
Baca: Panduan Penilaian Kurikukulum 2013 Untuk SD
Untuk penilaian Kompetensi Keterampilan (KI-4), sesuai buku panduan, bila dalam satu KD dengan bahan yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama. Misal dalam KD 4.1 melaksanakan penilaian praktek 2 kali, maka nilai yang diambil nilai maksimum. Namun bila penilaian dilakukan dengan tehnik yang berbeda, contohnya praktek, produk dan proyek, maka nilai simpulan ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.
Demikianlah Artikel Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Sekianlah artikel Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/03/belajar-bersama-buku-daftar-nilai-siswa.html
0 Response to "Belajar Bersama Buku Daftar Nilai Siswa Kelas 1 - 5 Semester 2 Kurikulum 2013"
Post a Comment