Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Pembelajaran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
link : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Anda sekarang membaca artikel Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html
Judul : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
A. Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Tipe Jigsaw ialah salah satu tipe pembelajaran kooperatif di mana pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa yang bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi berguru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mendapat pengalaman berguru yang maksimal, baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok. Pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini setiap siswa menjadi anggota dari 2 kelompok, yaitu anggota kelompok asal dan anggota kelompok ahli. Anggota kelompok asal terdiri dari 3-5 siswa yang setiap anggotanya diberi nomor kepala 1-5. Nomor kepala yang sama pada kelompok asal berkumpul pada suatu kelompok yang disebut kelompok ahli.
Dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terdapat 3 karakteristik yaitu: a. kelompok kecil, b. berguru bersama, dan c. pengalaman belajar. Esensi kooperatif learning ialah tanggung jawab individu sekaligus tanggung jawab kelompok, sehingga dalam diri siswa terbentuk perilaku ketergantungan positif yang mengakibatkan kerja kelompok optimal. Keadaan ini mendukung siswa dalam kelompoknya berguru bekerja sama dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh hingga suksesnya tugas-tugas dalam kelompok.
Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Johnson (1991 : 27) yang menyatakan bahwa “Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw ialah aktivitas berguru secara kelompok kecil, siswa berguru dan bekerja sama hingga kepada pengalaman berguru yang maksimal, baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok”.
B. Pembentukan Kelompok Belajar
Pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa dibagi menjadi dua anggota kelompok yaitu kelompok asal dan kelompok ahli, yang sanggup diuraikan sebagai berikut:
a. Kelompok kooperatif awal (kelompok asal).
Siswa dibagi atas beberapa kelompok yang terdiri dari 3-5 anggota. Setiap anggota diberi nomor kepala, kelompok harus heterogen terutama di kemampuan akademik.
b. Kelompok Ahli
Kelompok hebat anggotanya ialah nomor kepala yang sama pada kelompok asal, dengan diagram sebagai berikut:
C. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini berbeda dengan kelompok kooperatif lainnya, alasannya ialah setiap siswa bekerja sama pada dua kelompok secara bergantian, dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:
a. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang disebut kelompok inti, beranggotakan 4 orang. Setiap siswa diberi nomor kepala contohnya A, B, C, D.
b. Membagi wacana / kiprah sesuai dengan bahan yang diajarkan. Masing-masing siswa dalam kelompok asal mendapat wacana / kiprah yang berbeda, nomor kepala yang sama mendapat kiprah yang sama pada masing-masing kelompok.
c. Kumpulkan masing-masing siswa yang mempunyai wacana/ kiprah yang sama dalam satu kelompok sehingga jumlah kelompok hebat sama dengan jumlah wacana atau kiprah yang telah dipersiapkan oleh guru.
d. Dalam kelompok hebat ini tugaskan supaya siswa berguru bersama untuk menjadi hebat sesuai dengan wacana / kiprah yang menjadi tanggung jawabnya.
e. Tugaskan bagi semua anggota kelompok hebat untuk memahami dan sanggup memberikan isu perihal hasil dari wacana / kiprah yang telah dipahami kepada kelompok kooperatif (kelompok inti). Poin a dan b dilakukan dalam waktu 30 menit.
f. Apabila kiprah telah tamat dikerjakan dalam kelompok hebat masing-masing siswa kembali ke kelompok kooperatif asal.
g. Beri kesempatan secara bergiliran masing-masing siswa untuk memberikan hasil dari kiprah di kelompok asli. Poin c dan d dilakukan dalam waktu 20 menit.
h. Bila kelompok sudah menuntaskan tugasnya secara keseluruhan, masing-masing kelompok memberikan kesannya dan guru memperlihatkan klarifilkasi. (10 menit).
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Depdiknas, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, Kurikulum dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Depdiknas, 2005, Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas
Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon : Massa Chussetts
Sardiman, A.M, 2003, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Wina Senjaya, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prima
Demikianlah Artikel Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Sekianlah artikel Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html
0 Response to "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw"
Post a Comment