Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli

Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kurikulum 2013, Artikel Pembelajaran Kreatif, Artikel Tulisan Anda, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli
link : Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli

Baca juga


Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli

Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli
Siswa dilatih dan diasah secara pribadi menuntaskan beberapa proyek pembelajaran.
Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 tidak banyak berbeda dengan kurukulum 2013 sebelumnya. Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, muatan matematika dan muatan PJOK terlepas dari muatan tematik holistik. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum 3013 edisi revisi 2017 harus terdapat empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS.

Khusus pembelajaran di kelas 5 setiap tema pada buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terdapat 4 sub tema yang sebelumnya hanya terdiri dari 3 sub tema. Khusus sub tema 4 pembelajaran hanya berbasis proyek, perubahan ini ialah perubahan yang luar biasa. Dalam sub tema 4 siswa dalam seminggu dilatih dan diasah secara pribadi menuntaskan beberapa proyek pembelajaran yang bisa memfasilitasi penerapan pembelajaran PPK, 4C dan sarana pengembangan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa (HOTS).

Pelaksanaan pembelajaran proyek sangat sempurna sebagai sarana penerapan pembelajaran berbasis masyarakat bekerja sama dengan orang renta ahli. Orang renta siswa sangat bermacam-macam dengan keahlian masing- masing, hal tersebut bisa dipakai untuk memfasilitasi pembelajaran siswa dengan sempurna sekaligus untuk melengkapi, mengembangkan kemamuan, keahlian dan keterampilan guru.

Pembuatan proyek boneka jari tangan ialah proyek dimana siswa membuat boneka jari tangan berbentuk binatang dari materi kain flanel yang dijahit dan dimodifikasi dengan baik. Proyek boneka jari tangan ini dalam rangka pembuatan media untuk mengasah keterampilan siswa dalam mengembangkan motorik halus, motorik agresif siswa sekaligus sarana penerapan 4C serta PPK pada siswa.

Contoh konkret penerapan 4C, pembuatan boneka jari tangan membutuhkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif dalam rangka menyusun bentuk yang sempurna antara tubuh binatang dan bentuk indera pendengaran yang sempurna semoga hasil boneka jari baik. Pembuatan boneka jari tangan juga memerlukan kemampuan kerja sama yang sangat tinggi yaitu kemampuan kerja sama menentukan warna kombinasi boneka jari dengan sempurna ataupun kerja sama dengan teman sejawat dalam rangka melengkapi materi dan kemampuan siswa dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan kelas dari sisa pembuatan boneka jari tangan.

Proyek boneka jari tangan juga merupakan sarana siswa bisa membuat sebuah karya media pembelajaran untuk mengkonkritkan wujud hewan, alat gerak binatang sehingga bisa sebagai media bercerita untuk memperjelas materi alat gerak binatang untuk dirinya sendiri, teman sejawat, atau untuk adiknya.

Proses pembuatan proyek boneka jari tangan terdiri atas beberapa tahapan yaitu:

1. Tahapan training guru dan pendamping kelas oleh orang renta ahli. Tim kelas 5 mendatangkan salah satu orang renta yang andal dan terampil membuat boneka dan souvenir untuk menunjukkan training khusus terhadap guru dan pendamping di jam mengaji dan istirahat sekolah. Kegiatan ini memeberikan bekal kepada guru dan pendamping kelas semoga bisa memberi teladan dan mendampingi siswa dikala proses pembuatan proyek jari tangan di kelas nantinya.

2. Tahapan pelaksanaan proyek, pada tahapan ini tim kelas 5 tetap bekerja sama dengan orang renta andal yaitu beberapa wali murid yang memiliki keahlian menjahit dan membuat sauvenir. Tujuan kerja sama semoga pelaknaan proyek pembuatan boneka jari tangan akan lebih efektif dan evisien, alasannya ialah setiap kelompok akan terdampingi dengan baik oleh guru,pendamping dibantu beberapa wali murid ahli.

3. Tahapan pemajangan hasil dan pemanfaatan hasil siswa. Media pembelajaran berupa boneka jari tangan bisa pribadi dipakai siswa untuk presentasi dongeng atau dongeng menurut bentuk boneka jari tangan yang dihasilkan.

Semoga goresan pena ini bermanfaat dalam pengintegrasian proses pembelajaran antara warga sekolah dengan masyarakat ahli, sekaligus sarana silaturohim dan sarana membuatkan keahlian dalam proses peningkatan mutu pendidikan.

*) Ditulis oleh Louis Ifka Arishinta, M.Pd. Guru SD Muhammadiyah 9 Malang


Demikianlah Artikel Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli

Sekianlah artikel Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/03/belajar-bersama-pembelajaran-sub-tema.html

0 Response to "Belajar Bersama Pembelajaran Sub Tema Proyek Bersama Orangtua Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel