Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PATSMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Baca juga


Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013


Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kini sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) yakni penilaian yang dilaksanakan pada selesai semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Kaprikornus silahkan konfirmasikan kepada guru kau apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 adalah Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.

Berikut ini pola Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013

1. Yang bukan merupakan ciri-ciri pantun yakni ….
a. Setiap baris terdiri atas empat bait
b. Bersajak a-b-a-b
c. Baris pertama dan kedua berupa sampiran
d. Baris ketiga dan keempat sebagai isi
Jawaban A

2. Perhatikan Kutipan PantuN berikut ini
(1) Sari kelapa buah nira
(2) Nira diolah untuk sedekah
(3) Gembira hati tiada terkira
(4) Ibu tiba bawa hadiah
Berdasarkan pantun di atas, baris yang merupakan sampiran kalimat nomor….
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Jawaban A

3.  Faras sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda itu, hadiah dari Ibu lantaran ia mendapat peringkat di kelas.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni ....
A. Kota Jambi kota beradat
Tempat tinggal sanak saudara
Mari kita mencar ilmu giat
Supaya kelak tidak sengsara
B. Raja buah si raja pisang
Sedap disantap di kala senja
Riang hati bukan kepalang
Sepeda harapan di depan mata
C. Buah duku buah durian
Dibeli ibu di pasar kenari
Senang hati sanggup undian
Seperti mimpi siang hari
D. Ke Selat beli ikan selar
Beli juga tempoyak durian
Jika kita rajin belajar
Prestasi tinggi gampang diraih

KUNCI JAWABAN : B

4. Perhatikan pantun berikut!
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang sempurna untuk melengkapi pantun tersebut yakni …
A. (1) Jangan ragu berbuat baik
(2) Senyum saja sudah ibadah
B. (1) Pikir dulu sebelum bertindak
(2) Menyesal kemudian tiada guna
C. (1) Supaya tidak sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu perilaku waspada
D. (1) Mari kita jalin silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara
KUNCI JAWABAN : C
5. Setelah berusaha mencar ilmu lebih ulet dan serius, Danang mendapat peringkat pertama di kelas. Ia sangat senang lantaran akan memperoleh hadiah atas prestasinya itu.

Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni ...
A. Bila kita ingin ke pasar
Pasar modern ada di mall
Ayo kita bergiat belajar
Supaya nilainya maksimal
B. Kuda poni si kuda kepang
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
C. Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu tiba bawa hadiah
D. Pergi ke goa Jatijajar
Banyak orang bertamasya
Mari kita ulet belajar
Supaya orang renta bahagia

Kunci Jawaban : B
6. Perhatikan pantun berikut!
Rumput jadi rakit sederhana
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)

Larik yang sempurna untuk melengkapi pantun rumpang tersebut yakni .…
A. (1) Bila kau rajin belajar
     (2) Prestasi niscaya akan diraih
B. (1) Untuk sanggup raih nikmat
     (2) Kerja keras dan ibadah
C. (1) Meskipun sedikit harta
     (2) Jangan lupa bersedekah
D. (1) Jika ingin masuk surga
     (2) Mari kita tebalkan iman

Kunci Jawaban : C



Bacalah kutipan puisi berikut untuk menjawab pertanyaan No 7 s/d 10
                        MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…………………….
                        (A.Hasyim)
Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang …
a.       Waktu sore hari
b.      Kehidupan manusia
c.       Suasana senja
d.      Masa tua
Jawaban C



7.   Maksud bait kedua puisi tersebut adalah…
a.  Seseorang yang lengah dipagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
b.  Seseorang yang menderita hidupnya lantaran tidak mempunyai ilmu dan harta
c.  Seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena  ia lupa waktu
d.  Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari tua
Jawaban D

8.  Persarmaan suara yang terdapat pada baris pertama puisi di atas adalah....
a. hilang dan melayang
b. pagiku dan hilang
c. pagiku dan melayang
d. sudah dan melayang
Jawaban A

9.  Majas personifikasi dalam puisi di atas terdapat dalam baris....
a.   1 dan 2
b.   2 dan 3
c.   1 dan 4
d.   3 dan 4
Jawaban C

10.   Cermati ciri-ciri puisi berikut !
i.      Bersajak a – a – a – a
ii.      Isi semua tidak ada sampiran
iii.      Berasal dari Melayu (Indonesia)
iv.      Setiap bait terdiri dari 2 baris
Manakah yang termasuk ciri-ciri syair...
a.   i,ii
b.   i,iii
c.   ii,iv
d.   iv,i
Jawaban A


Untuk menjawab soal 8,9,10 bacalah puisi berikut:  

Alamku ini
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rumputan misteri
alamku ini memang begini
sanggup dipastikan
perubahan yang terhenti 

8. Makna kias kering kerontang pada bait puisi tersebut adalah...
a. penyesalan
b. kesunian
c. keputusasaan
d. penderitaan
Jawaban C


9. Maksud puisi tersebut adalah...
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b.ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. keputusasaan menghadapi problem hidup yang dialaminya                 
Jawaban D


10.  Suasana yag tergambar dalam puisi tersebut adalah....
a. galau          
b. gelisah
c. sedih            
d. harmonis
Jawaban A

                                                                                 
11.  Baca penggalan puisi di bawah ini:

Dirimu....
Aku sangat menyayangi dirimu
Walau kini saya terpisah dengan dirimu
Tapi saya akan selalu ada untuk dirimu
Sampai kapan pun cintaku hanya untuk dirimu

Majas yang di gunakan dalam penggalan puisi di atas adalah:
a.      Personofikasi
b.      Hiperbola
c.      Repetisi
d.      Epifora
Jawaban D


Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan Soal nomor 12 dan 13!

... Wahai sahabat
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
       ...

12. Tema puisi tersebut yakni ...
a. Persahabatan
b. Kegelisahan
c.  Perdamaian 
d.  Kelelahan
Jawaban A


13. Suasana yang tergambar pada puisi tersebut yakni ...
a.  semangat 
b.  tegang        
c. sedih
d. sunyi                       
Jawaban A



14.         Sajak kita
Dik, pagi kita cerah
Akankah hari ini kita indah
Dik, jikalau senja kita merah
Mungkinkah malam benderang dengan sinar mentari
.....
Dik, rimba kita gersang
Sanggupkah kita menadah hujan-Nya kelak kita
Dia curahkan membisu diam
Kalimat yang bermajas untuk melengkapi bangian yang rumpang pada puisi tersebut yang tepat....
a. malam begitu indah
b. cinta kita selalu ada
c. niscaya hidupmu bahagia
d. adakah rumah yang ramah untuk kita            
Jawaban D
             
15.         Cintaku Jauh Di Pulau
Amboi! Jalan sudah bertahun kutempuh !
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa selesai hidup mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku                               
                         (Chairil Anwar)

Suasana dalam puisi di atas adalah....
a. sedih
b.marah
c.gembira
d. kecewa
Jawaban A

16.   Makna bahtera pada kutipan puisi tersebut adalah...
a. kehampaan     
b. selesai hidup       
c. kehidupan  
d. kepercayaaan
Jawaban C
                                                                       
17.    Pahlawan Tak Dikenal
Sepuluh tahun yang lalu, beliau terbaring
Tetapi bukan tidur, sayang
Sebuah lubang peluru lingkaran di dadanya
Senyum bekunya berkata, kita sedang perang

Dia tidak tahu bilamana ia datang
Kedua tangannya memeluk senapan
Dia tidak tahu untuk siapa beliau datang
Kemudian beliau terbaring, tetapi bukan tidur, sayang
…………………………………………….
(Toto Sudarto Bahtiar)
Puisi Pahlawan Tak Dikenal menuturkan ihwal . . . .
a. Seseorang yang sedang berjuang di medan perang
b. Pemimpin perang sedang memimpin pertempuran
c. Kematian seorang pejuang lantaran tertembak
d. Seseoran yang terbaring sakit lantaran tertembak di medan pertempuran
Jawaban C

18 . Tema puisi Pahlawan Tak Dikenal yakni . . . .
a. social
b. religious
c..heroisme
d. romantisme
Jawaban A

19. Rima puisi Pahlawan Tak Dikenal bait pertama adalah....
A. a-b-a-b
B. b-a-a-a
C. a-b-b-a
D. a-a-b-a
Jawaban b

20. Keindahan puisi di atas terlihat dari kepandaian penyair menentukan kata. Salah satunya adalahkata terbaring. Makna kata tersebut yakni ...
a. Tidur
b. Pingsan
c. sakit
d. gugur
Jawaban D

21. Orang yang diungkapkan dalam puisi Pahlawan Tak Dikenal yakni seorang yang nrimo membela bangsa, yang diisyaratkan dengan kalimat . . . .
a. Dia terbaring tetapi bukan tidur
b. Dia tidak tahu bilamana beliau datang
c. Dia memeluk senapan
d. Matinya sambil tersenyum
Jawaban B

22.  Cermati puisi berikut!

Jika bayang telah pudar
dan elang maritim pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiap-tiap akan kering sendiri
dan nahkoda sudah tahu pedoman
boleh engkau dating padaku
(Surat dari Ibu,Asrul Sani)
Makna lambang dari dan nahkoda sudah tahu pedoman yakni . . .
a. sudah mencari pedoman hidup
b. sudah menemukan arah dan tujuan
c. sudah mempunyai pasangan hidup
d. sudah arif dan berpengetahuan
Jawaban B

23. .Cermati penggalan puisi berikut!

Dengan bermandi mata
kuminta ampunanMu
Alangkah jauh jalan yang harus kutempuh
Sebelum sempat di hadiratMu bersimpuh

Maksud penyair untuk menggambarkan kehidupan yang terasa susah, Nampak dalam baris .. . . .
a.Dengan bermandi
b.kuminta ampunanMu
c.Alangkah jauh
d.jalan yang harus kutempuh
Jawaban C


24.  Perhatikan kutipan puisi usang berikut ini

Tubuh biru
Tatapan mata biru
Lelaki terguling di jalan
Lewat gardu belanda dengan bumi
Berlindung warna malam
Sendiri masuk kotaIngin ikut ngubur ibunya

Tema puisi tersebut yakni …….
a. perlawanan
b. keberanian
c. kekejaman
d. Perjuangan
Jawaban D

25.   Yang Terempas Dan Yang Putus…….
Aku berbenah diri dalam kamar,
dalamDiriku jikalau kau datang
Dan saya bisa lagi lepaskan kisah gres padamu
Tapi kini hanya tangan yang bergerak lantang
Tubuhku membisu dan sendiri, dongeng dan insiden berlahan beku
                          (Oleh : Chairil Anwar) 
Isi penggalan puisi tersebut menyatakan keadaan orang yang….
a. Sedang mempersiapkan untuk berbelanja
 b. Sedang berhias didepan cermin di dalam kamar
 c. Pasrah dalam menghadapi kematian
d. Mempersiapkan diri untuk menyambut kekasih
Jawaban C


26.  Perhatikan kutipan puisi berikut ini
Dengan sahabat tak usah sombong
Supaya tidak menyerupai telepong

Bentuk puisi di atas termasuk ... 
A. bidal   
B. pantun         
C. tamsil          
D. karmina                
Jawaban A


27. Barang siapa mengenal Allah
Suruh dan tegahnya tiada ia mengalah

Puisi usang diatas termasuk....
      a.   Syair                                                           
      b.   Gurindam                                      
      c.   Pantun
      d. Karmina
Jawaban B

28.  Banyak bulan kasus bulan
Tiada semulia bulan puasa
Banyak ilahi kasus tuhan
Tidak semulia Tuhan Yang Maha Esa

Puisi usang diatas, berisika tentang....
a.   Teka – teki                                           
b.   Jenaka                                                  
c.   Nasihat
d. Agama
Jawaban D


29. Perhatikan puisi berikut!
Berderak – derak sangkutan dacing,
Bagaikan putus diimpit lumpang.
Bergerak – gerak kumis kucing,
Melihat tikus bawa senapan.

Berdasarkan jenisnya pantun diatas termasuk kedalam....
a.   Pantun jenaka
b.   Pantun teka – teki
c.   Pantun nasihat
d.   Pantun muda – mudi
Jawaban A


30. Perhatikan potongan puisi berikut!

………………………………..
Berangan besar didalam padi.
Pantun tidak mengata orang,
Janganlah syak didalam hati.

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi puisi pantun tersebut adalah....
a.   Buah ara, batang dibantun
b.   Mari dibantun dengan parang.
c.   Cempedak di kerat - kerati
d.   Sembarang sanggup saya pantunkan
Jawaban b


31.  Buah duku buah durian
.....
Sengang hati sanggup undian
Semperti mimpi di siang hari

Sampiran yang sempurna untuk mengisi pecahan yang rumpang pada puisi tersebut adalah....
a.  Buah pepaya buah duku
b.  Buah manggis buah rambutan
c.  Buah srikaya buah kenari
d.  Buah kecapi buah kenari
Jawaban D

32. Dibawah ini yang tidak termasuk puisi usang adalah....
a.  Kurang pikir kurang siasat    
Kelak hidupmu akan tersesat             
b.  Kalau hingga waktuku                  
Kumau tak seorang kan merayu   
Tidak juga kau                             
Tak perlu sedu-sedan itu                       
c.  Barangsiapa berbuat jasa,                      
Mulia namanya sepanjang masa.
d.  Kota Jambi kota beradat
Tempat tinggal sanak saudara      
Mari kita mencar ilmu giat
Supaya kelak tidak sengsara
Jawaban B

33. Perhatikan ciri – ciri dibawah ini!
 i.     Sajak selesai berirama a – a
ii.     Satu bait terdiri dari 2 baris
iii.     Berasal dari Tamil (India)
 iv.    Satu bait terdiri dari 4 baris
 v.     Berasal dari Arab

Dari ciri – ciri diatas, manakah yang tidak termasuk ciri – ciri gurindam adalah....
      a.   i, ii, dan v
      b.   i, iii, dan v
      c.   ii dan iv
      d.   iv dan v
Jawaban D

34. engkau tiba mengintai hidup,
engkau tiba memperlihatkan muka
tapi sekejap matamu kau tutup
melihat terang anakku tak suka
.....

Dilihat dari rimanya, puisi diatas termasuk....
      a.   Syair                                                         
      b.   Gurindam                                                 
      c.   Pantun
      d. Karmina
Jawaban C

35. Berderak – derak sangkutan dacing,
Bagaikan putus diimpit lumpang.
Bergerak – gerak kumis kucing,
Melihat tikus bawa senapan.
Berdasarkan jenisnya pantun diatas termasuk kedalam....
a.   Pantun jenaka
b.   Pantun teka – teki
c.   Pantun nasihat
d.   Pantun muda – mudi
Jawaban A

36. Mendatang-datang jua
Kenangan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau

Membayang rupa jua
Adi kanda usang lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu

Puisi diatas termasuk dalam jenis....
a.   Terzina
b.   Quint
c.   Quatrain
d.   Stanzia
Jawaban C


Untuk menjawab Soal No 37 dan 38, Silahkan baca dengan seksama kutipan Fabel berikut ini
Beruang yang Malang
(1) Alkisah pada suatu hari yang cerah di hutan, ada seekor Beruang yang kelaparan. Ia menjelajahi hutan untuk mencari madu, tapi sayang beliau tidak menemukan satu sarang lebah sama sekali. Ia pun alhasil pergi ke sungai mencari ikan. Di sana, ia menemukan banyak ikan yang sedang berenang. (2) Ia alhasil berhasil menangkap satu ikan yang sangat besar. Di ketika sang Beruang membuka mulutnya lebar-lebar untuk melahap sang ikan, tiba-tiba sang Ikan membuka mulutnya. "Tolong, jangan makan aku!" teriak sang Ikan. Sang Beruang pun tidak jadi memakan ikan tersebut. "Memangnya kenapa?" tanya sang Beruang keheranan. (3) "Kau boleh memakanku, tapi ada syarat. Izinkanlah saya meminta izin terlebih dahulu pada keluargaku di rumah. Tunggulah sebentar, saya akan kembali, "janji sang Ikan, "Baiklah, kau akan kulepaskan," ucap sang Beruang yang percaya pada sang Ikan. Akan tetapi, setelah usang sekali, ternyata sang Ikan tidak muncul kembali. Akhirnya sang Beruang pun sadar dirinya telah ditipu sang Ikan. Ia pun sangat menyesal lantaran sifatnya yang terlalu gampang ditipu sehingga ia tidak jadi mendapat apa yang nyaris ia dapatkan. (4) Akhirnya, sang Beruang berjanji bahwa dirinya akan menjadi seekor binatang yang tidak gampang dibodohi atau ditipu binatang lainnya.

37. Paragraf keempat teks fabel tersebut merupakan pecahan ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda
Jawaban D

38. Paragraf kedua teks fabel di atas merupakan pecahan ....
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda
Jawaban B

39. Perhatikan Teks Fabel Berikut ini
Jawaban A

39. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Dengan bangganya lucky berlari-lari kecil sambil menyeret-nyeret balok kayu yang dikalungkan majikannya, untuk menarik perhatian orang lain. Tetapi tak ada satu pun orang yang senang melihat anjing itu. Balok itu bekerjsama dikalungkan majikannya biar orang mengetahui kehadiran lucky, dan bisa menghindarinya. Seekor anjing lain yang melihatnya kemudian berkata "Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah biar orang tidak melihat balok yang dikalungkan di lehermu. Apakah kau senang bahwa semua orang.
Teks Fabel II
Di sebuah hutan, demam isu kemarau, burung-burung dan hewan-hewan lain sangat sulit untuk mendapat air. Namun ada seekor burung perkutut yang menemukan kendi renta yang berisi sedikit air. Kendi tersebut mempunyai bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak bisa menjangkau air di dalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung itu hampir frustasi hingga munculah sebuah ide.. Burung tersebut kemudian mengambil kerikil-kerikil yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide yang cemerlang itu menciptakan air usang kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa meminum air tersebut.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....
A menampilkan lokasi cerita, memperlihatkan garis besar cerita
B memperlihatkan garis besar, dongeng memulai dengan aksi
C memunculkan masalah, mengisyaratkan bahaya
D memulai dengan aksi, menampilkan lokasi cerita
Jawaban D

40. Bacalah kutipan fabel berikut!
Teks Fabel I
Mumba dengan santai berjalan di tengah hutan. Tanpa sengaja ia menemukan buah yang sangat lezat. Mumba berniat mengambil buah tersebut. Rencananya, beliau akan menikmati buah yang enak itu di pinggir sungai di tengah hutan, ditemani hembusan angin, dan lambaian daun pepohonan yang mendayu-dayu. Sesampainya di tepi sungai, Mumba dengan santai menyantap buah tersebut.
Teks Fabel II
Si rusa tiba-tiba murka mendengar balasan si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja menyerupai bola namun berlagak tengah mencari sumber kehidupan”. Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Si kura-kura yang jengkel alhasil menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….
A. bermajas litotes,bermajas personifikasi
B. bermajas personifikasi,bermajas perumpamaan
C. bermajas perumpamaan, bermajas litotes
D. bermajas metafora, bermajas personifikasi
Jawaban B


Bacalah Fabel berikut untuk menjawab soal nomor 41-43!

Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan binatang lain.
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
Si Rusa tiba-tiba murka mendengar balasan si Kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak badan si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel alhasil menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat murka mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta biar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si Kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika saya menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Si Rusa kian murka mendengar ucapan si Kura- kura. Ia pun berkemas-kemas untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.

41. Komentar terhadap isi Fabel tersebut adalah
A. Kura-kura yang selalu mengalah.
B. Rusa yang sombong dan pemarah.
C. Rusa yang selalu memusuhi kura-kura yang sabar.
D. Sikap kura-kura perlu dijadikan pola dalam kehidupan.
Jawaban B

42. Komentar terhadap pola pengembangan alur pada kutipan Fabel tersebut yakni ….
A. alur dongeng berupa aneh – komplikasi – koda
B. alur dongeng berupa orientasi – komplikasi – evaluasi
C. alur dongeng berupa aneh – orientasi – komplikasi
D. alur dongeng berupa pengenalan – titik puncak – peleraian
Jawaban b


43. Komentar penggunaan bahasa dalam kutipan Fabel tersebut adalah....
A. memakai majas biar ceritanya menarik
B. memakai kata-kata kiasan untuk memperindah cerita
C. bahasa lugas dan sederhana sehingga gampang dipahami
D. memakai adonan bahasa daerah sehingga sulit dimengerti.
Jawaban B

44.    Cermati penggalan dongeng berikut !
Kancil merasa paling cepat berlari. Ia menantang siput mengerahkan bangsanya . Setiap kancil memanggil waktu berlomba itu, selalu siput yang di depan yang menyahut . alhasil kancil merasa kalah.
Cerita diatas sanggup digolongkan jenis…
a.     Legenda
b.    Fabel
c.     Hikayat
d.    Mite
JAWAB :B

Perhatikan kalimat berikut untuk menjawab soal nomor 45 – 46!
Dengan ini kau berharap biar saudara sanggup hadir dalam jadwal ijab kabul putera kami yang akan diselenggarakan pada …

45. Kalimat di atas yakni pecahan dari surat …
a. surat cinta
b. surat izin
c. surat undangan
d. surat kematian
Jawaban : C

46. Jika ditinjau dari sisi kerangka urutannya, kalimat tersebut terdapat pada pecahan …
a. Akhir
b. Awal
c. Depan
d. Belakang
Jawaban : B

Bacalah dengan seksama penggalan paragraf di bawah ini untuk menjawab soal nomor 47 – 48!

Pagelaran pentas drama itu berdasarkan ekonomis saya sangat sulit untuk ditebak. Adegan demi adegan berlangsung dengan tidak serta merta harsu menjadi alasannya yakni dan akhir yang saling berkaitan. Hal ini yang berdasarkan saya mengakibatkan penonton semakin ingin tau akan menyerupai apa selesai ceritanya.

47. Tanggapan pada penggalan paragraf tersebut lebih sempurna jikalau disebut sebagai …
a. Saran
b. Kritik
c. Pesan
d. Pendapat
Jawaban : D
48. Tanggapan yang dinyatakan dalam sebuah penggalan paragraf di atas berkaitan dengan …
a. alur cerita
b. penokohan
c. latar
d. tema
balasan : A

49. Cermati teks berikut !
Penambahan lahan sudah disadari menjadi hambatan dalam pengembangan banyak sekali sektor. Bertambahnya undangan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan pemukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencapai kebutuhan hidup.
Simpulan paragraf tersebut adalah...
A. Sektor industri tidak berkembang lantaran tidaksepapan infrastruktur.
B. Pembangunan daerah industri membantu pembangunan intrastruktur.
C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat keseahteraan.
Jawaban: D

Untuk  menjawab soal no 50 dan 51 Perhatian Contoh Surat di bawah

Sekolah Menengah Pertama CEMERLANG
Jalan Bendi Kebayoran Lama Jakarta Selatan
______________________________
Nomor : 11/S.0301/G/09                                 1) ---------
Hal : Undangan

Yth. Para Guru dan Karyawan
Sekolah Menengah Pertama Cemerlang
di Jakarta

Dengan hormat,
(2) ------------------------------------------------------------
Demikian surat undangan ini kami sampaikan.
Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


50. Tanggal surat yang sempurna untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut yakni ....
A.12 Nopember 2009
B. Jakarta, 12 November 2009
C. 12 November 2009
D. Jakarta, 12 Nopember 2009
Kunci Jawaban : C

51. Isi surat yang sempurna untuk mengisi pecahan rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A. Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula Cemerlang
jadwal : Persiapan Lomba
B. Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 14 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang Aula Sekolah Menengah Pertama Cemerlang
jadwal : Persiapan Lomba
C. Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap pertolongan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 20.00
tempat : Lapangan Sekolah Menengah Pertama Cemerlang
jadwal : Evaluasi Hasil Lomba
D. Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal : Sabtu , 12 November 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat :Ruang Aula Sekolah Menengah Pertama Cemerlang
jadwal : Evaluasi Kegiatan
Kunci Jawaban : B.

52. Perhatikan teks ilustrasi berikut ini!
OSIS Sekolah Menengah Pertama Bangsa akan mengadakan Porseni. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 18 Maret 2009, pukul 14.00 di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni ...
A. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Bangsa dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 08.00
tempat : Ruang OSIS
jadwal : Persiapan Lomba
B. Teman-teman pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
jadwal : Persiapan Bakti Sosial
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Bangsa dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
jadwal : Pembentukan Panitia Porseni
D. Para pengurus OSIS Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18 Maret 2009
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
jadwal : Pembagian Kerja
Kunci Jawaban : C

53. Perhatikan surat berikut ini
Jakarta, 14 Desember 2009
Untuk Karibku Diana
Jalan Sunan Bonang No. 12 Jambi
Salam kangen dari jauh,
[…]
Diana, terima kasih ya. Berkat doamu, keluargaku juga sehat dan baik-baik saja.
Diana, bagaimana rencanamu? Kaprikornus berkunjung ke kotaku kan? Aku akad akan mengajakmu
berkeliling kota. Kutunggu kabar kepastianmu berangkat.
Sampai di sini dulu ya, teriring salam untuk keluargamu.
Sahabatmu,
Ana

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pecahan surat pribadi tersebut yakni …
A. Hatiku sangat senang sanggup bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Inaara saya senang kita bertemu meski hanya melalui surat menyurat.
C. Maafin saya ya, lantaran gres kini saya sempat membalas suratmu.
D. Hai Inaara, kau dan seluruh keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C

54. Perhatikan surat berikut ini

Jakarta, 14 Februari 2010
Untuk sahabatku Anggi,
Jalan Merdeka 12, Medan
Salam kangen,
[…]
Semoga kau sekeluarga sehat-sehat menyerupai halnya saya dan keluargaku.
Tidak terasa sudah setengah tahun kita berpisah, saya benar-benar kehilangan sahabat baik, semenjak kepindahanmu.
Sahabatmu,
Inaara

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi surat pribadi tersebut yakni …
A. Senang sanggup bersilaturahmi denganmu via surat.
B. Kuharap kau selalu dalam keadaan bahagia.
C. Hai, Anggi, bagaimana kabarmu sekarang?
D. Hai Inaara keluargamu baik-baik saja bukan?
KUNCI JAWABAN : C

54. Berikut ini Balasan surat pribadi di atas yang sempurna adalah…
A.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya saya melupakanmu lantaran punya sahabat baru. Kesibukanku saja yang membuatku usang membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari

B.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ari,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya saya melupakanmu lantaran punya sahabat baru. Kesibukanku saja yang membuatku usang membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita

C.
Jakarata, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya saya melupakanmu lantaran punya sahabat baru. Kesibukanku saja yang membuatku usang membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ari

D.
Bantul, 15 Mei 2010
Menemui Sahabatku Ita,
Jalan Tebet 16 Jakarta
Halo juga Ita,
Maaf sebelumnya sahabatku, bukannya saya melupakanmu lantaran punya sahabat baru. Kesibukanku saja yang membuatku usang membalasnya. Sekali lagi minta maaf ya.
Sahabatmu,
Ita

Kunci Jawaban : A

55. Tanggal surat yang sempurna untuk mengisi pecahan nomor (1) pada surat tersebut….
A. 2 May 2009
B. Jakarta, 2 May 2009
C. 2 Mei 2009
D. Jakarta, 2 Mei 2009
KUNCI JAWABAN : C

56. Perhatikan teks ilustrasi berikut ini!
OSIS Sekolah Menengah Pertama Sekar akan mengadakan Lomba Kebersihan. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2010, pukul 14.00 di Ruang OSIS
Isi surat resmi yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Kami mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang OSIS
jadwal : Persiapan Lomba
B. Teman-teman pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 April 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang Rapat
jadwal : Pembentukan Ketua
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Sekar dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 5 Februari 2010
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
jadwal : Pembentukan Panitia
D. Para pengurus OSIS Sekar harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 10 Februari 2010
waktu : Pukul 13.00
tempat : Ruang Media
jadwal : Persiapan Bakti Sosial
KUNCI JAWABAN : C

57. Bacalah ilustrasi berikut ini!
Tahun anutan gres Tanti pindah sekolah ke Yogyakarta. Ia menulis surat untuk sahabatnya Mitha di Surabaya. Ia ingin menceritakan keadaan di sekolah.
Bagian pembuka yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yakni ....

A. Bagaimana keadaanmu ketika ini Tanti? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
B. Halo, Tanti apa kabar? Aku di Surabaya dalam keadaan sehat walafiat.
C. Saya tutup dulub dongeng kita ya, nanti disambung lagi! Semoga kita sanggup berjumpa dilain waktu.
D. Hai Mitha., bagaimana keadaanmu? Saya berharap kau dan keluargamu dalam keadaan sehat.

Kunci : D

58. Perhatikan pola surat pribadi berikut ini:
Jakarta, 14 Maret 2017

Menemui Sahabatku,
Jalan Delima Merah Bantul

Halo Ari,
[…] Saya sekeluarga juga sehat.
Oh ya Ar, sudah satu bulan kau tidak membalas suratku. Jangan bilang gara-gara kau punya sahabat gres ya, sehingga sahabat lamamu dilupakan.

Sahabatmu,

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi pecahan rumpang surat pribadi tersebut adalah...
A. Kamu jadi kan ke kotaku? Aku tunggu sangat senang itu.
B. Keluargaku di Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
C. Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
D. Hai Sobat ... saya akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Kunci Jawaban : C

59. Bacalah kutipan surat resmi berikut!
Dengan hormat,
Setelah membaca surat edaran dari Kelurahan Marunda Nomor 162/M/X/2010, ihwal Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:
(1)   Seluruh RT untuk melaksanakan kerja bakti dengan target utama PSN;
(2)   Mengintruksikan kepada warganya untuk menaburkan bubuk abate pada penampungan airnya.
Pelaksanaan PSN biar dilakukan secara serentak terutama RT-RT yang daerahnya berdekatan.
[ ... ]
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi surat tersebut yakni …
A.  Demikian  yang disampaikan kepada kami dari Bapak Camat ketika rapat di Aula Kecamatan, kemarin.
B.  Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan.Sebelum dan sesudahnya sayaucapkanbanyak-banyak terima kasih.
C.  Demikian imbauan ini kami sampaikan. Atas kolaborasi dan perhatian seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih.
D.  Sampai di sini intruksi kami selaku pengurus RW 05, Kelurahan Marunda. Terima kasih dan selamat bekerja.
Jawaban C


60. Bacalah kutipan surat berikut!
Yth.Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama Setia Hati
 Di Jakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami  mengharap kehadiran
Saudara pada:
hari,tanggal: Selasa , 17 Juli 2012
waktu        : Pukul 14.00
tempat       : Ruang OSIS
acara          : Persiapan Bakti Sosial

[... ]

Bagian epilog surat tersebut yang sempurna yakni …
A.    Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga sanggup dikabulkan.
B.    Besar harapan kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terimakasih.
C.    Mengingat pentingnya jadwal tersebut, harap hadir sempurna waktu.
D.    Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.
Kunci Jawaban C


61. Cermati kutipan surat undangan berikut!
            Dengan hormat, kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu guru pada,
            Hari, tanggal: Sabtu
            Waktu          : pukul 08.00 – 2.00 WIB
            Acara           : lepas sambut kepala sekolah
            Tempat        : aula SMAN 200 Jakarta
            ………
            Kalimat epilog surat yang sempurna untuk mengakhiri surat tersebut adalah….
A.     Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
B.     Atas kehadirannya diucapkan terimakasih.
C.     Atas kehadiran Bapak/Ibu guru kami mengucapkan terimakasih.
D.     Atas kerelaan Bapak/Ibu guru untuk tiba kami ucapkan terimakasih.
Jawaban : C

62. Perhatikanlah surat undangan berikut!
Dengan ini kami mengundang Anda untuk menghadiri rapat rutin awal tahun pelajaran 2010/2011 yang akan diselenggarakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 7 Agustus 2010,
waktu          : pukul 9.00 – 11.00 WIB,
tempat         : Aula Sekolah Menengah Pertama Prapanca, Bogor,
acara           : Ketetapan Uang Dana Bulanan Tahun Pelajaran 2010/2011.
….
Kalimat epilog surat undangan tersebut yang sempurna adalah…
A. Atas kehadiran Bapak/ Ibu kami ucapkan terima kasih.
B. Atas waktu yang diluangkan, kami ucapkan terima kasih.
C. Kehadiran Bapak/ Ibu sangat kami harapkan sempurna pada waktunya.
D. Mengingat pentingnya jadwal tersebut, kami mengharapkan Bapak/ Ibu sanggup sempurna waktu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Jawaban A

62. Pernyataan berikut merupakan ciri karya tulis ilmiah, kecuali....
a. memakai pola pikir ilmiah
b. disusun secara sistematis
c. berdasarkan fakta hasil pengamatan
d. bersifat subjektif
Jawaban: d

63. Perhatikan unsur karya tulis berikut!
1) Latar belakang
2) pendahuluan
3) kesimpulan
4) pembahasan
5) penutup
Sistematika yang sempurna dari unsur-unsur karya tulis di atas adalah...
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 2, 3, 4, 5, 1
c. 3, 4, 5, 1, 2
d. 2, 1, 4, 5, 3
Jawaban: d

64. Hal-hal yang merupakan pendahuluan dalam karya ilmiah yakni sebagai berikut, kecuali...
a. latar belakang permasalahan
b. tujuan penulisan
c. kesimpulan penulisan
d. sistematika penulisan
Jawaban: c

65. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan daftar pustaka yang sempurna yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 3, 1, 2, 4, 5
c. 3, 5, 1, 4, 2
d. 1, 3, 4, 2, 5
e. 1, 3, 5, 4, 2
Jawaban: c

66. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah....
a. Tujuan daripada penulisan ini yakni sebagai berikut.....
b. Karena itu tujuan penelitian ini yakni sebagai berikut....
c. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini sanggup dikemukakan sebagai berikut....
d. Tujuan penelitian ini yakni sebagai berikut
Jawaban: d


67.     Perhatikan wacana berikut ini!     
Buku ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA kelas XII jadwal studi ilmu alam, supaya sanggup dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa sanggup mendalami pelajaran   matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa sanggup mencar ilmu aktif melalui acara di kelas, gamemath dan siapa berani.

Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga gampang dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

Kutipan resensi di atas memaparkan ihwal ...
A.   Identitas buku dan Ikhtisar isi buku
B.   Ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
C.   Identitas buku dan kelebihan buku
D.   Ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
Jawaban : C

68.          Perhatikan wacana berikut ini!
Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain yakni, mempunyai daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info mathyang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan kutipan resensi di atas, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut yakni ...  
A.      Memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang  dilengkapi nomor halaman kemunculannya.
B.      Memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan banyak sekali macam teori yang kini ini dipakai dan dirasakan manfaatnya.
C.      Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.
D.      Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
Jawaban :B

69.  Perhatikan wacana berikut ini!  
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 pecahan pada pembahasan pertama, 4 pecahan lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI membahas ihwal “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas ihwal “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas ihwal “Kegiatan Berkesan”. Pada selesai buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.

Kutipan resensi di atas memaparkan ihwal ...
A.         Identitas buku
B.         Ikhtisar isi buku
C.         Kelebihan dan kekurangan buku
D.        Kesimpulan
Jawaban :B

70.  Perhatikan wacana berikut ini!
Selain itu, semua goresan pena yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang akan kita peroleh jikalau kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. Bahasanya gampang dimengerti dan gampang untuk dipahami. Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, menyerupai kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.

Buku di atas membahas bidang ...
A.         Teknik pertanian
B.         Teknik bercocok tanam
C.         Wirausaha di bidang flora dalam pot
D.        Teknik melestarikan lingkungan
Jawaban :C

71.  Perhatikan wacana berikut ini!
Di dalam buku ini terdapat banyak sekali keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat jikalau anak itu sendiri sering membaca buku ini dan banyak sekali buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh banyak sekali pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga sanggup memanfaatkan buku ini sebagai peluang perjuangan yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf di atas memaparkan ihwal ...
A.         Kekurangan isi buku
B.         Kegunaan buku
C.         Kesesuaian kelompok umur pembaca
D.        Nilai komersial buku
Jawaban : B

72.  Perhatikan wacana berikut ini!  
Haris selalu menyisipkan moral dongeng dalam setiap selesai kisah-kisahnya. Ada banyak kisah lain yang Haris angkat dalam buku ini, terutama kisah-kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Haris menciptakan istilah untuk itu dengan sebutan; Cybersetan. Jika bercerita ihwal cinta yang bertepuk sebelah tangan maka tak akan jauh-jauh dari yang namanya kesedihan, ya..siapasih yang mau cintanya bertepuk sebelah tangan? Tapi di tangan Haris, kisah cinta yang seharusnya sedih menjadi materi dongeng yang justru menciptakan orang terharu bahkan terasa lucu. Mungkin itulah kelebihan Haris, bisa memberikan dongeng dengan cara lucu dan kadang mengharukan.
Yang menjadi kekuatan dalam gaya penulisan Haris sebagai pengarang yakni ...
A.  Ia selalu menciptakan pembaca terharu membaca tulisannya.
B.  Ia bisa melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda dan mendalam.
C.  Ia hebat memperlihatkan istilah unik dalam pembahasannya sehingga menciptakan pembaca berkesan.
D.  Jawaban A, B, dan C benar
Jawaban :B

73.         Perhatikan kutipan isu berikut ini!
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan flora tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2017 akan mencapai 13.000 hektar, yang tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat di atas mengandung unsur-unsur fakta ...
A.    tokoh, tempat, waktu, kejadian
B.    waktu, kejadian, alasan, tempat
C.    peristiwa, waktu, alasan, tempat
D.    alasan, waktu, kejadian, tempat
Jawaban :A

74.  Perhatikan kutipan isu berikut ini!
Hiu tutul yakni satwa langka yang belum banyak diteliti sehingga pengetahuan ihwal satwa itu masih minim.Makanan pokok hiu tutul yakni plankton.Keberadaan hiu tutul menjadi penting lantaran bisa menjadi indikator kualitas ekosistem laut.Dalam laporan International Union for Conservation of Nature (IUCN), hiu tutul masuk dalam daftar merah.Satwa yang umurnya bisa mencapai 70 tahun itu rawan punah.
Gagasan pokok pada kutipan isu di atas yakni ...
A.  Keberadaan hiu menjadi indikator kualitas ekosistem laut.
B.  Hiu termasuk daftar merah
C.  Hiu yakni satwa langka yang rawan punah
D.  Hiu belum banyak diteliti.
Jawaban :C

75. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Seperti teman-temannya yang lain, bekerjsama Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya membisu ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, menunjukan ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, semenjak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya saya tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya berdiri dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, saya sudah punya hadiah untuk Tommy.”

Komentar mengenai amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut yakni ...
A. Kita harus pikir dulu sebelum bertindak, sesal kemudian tidak berguna.
B. Kita harus beradaptasi di mana pun kita berada.
C. Kita haus sadar bahwa tidak ada kata terlambat untuk memaafkan.
D. Kita harus menghormati ibu yang telah melahirkan kita.
KUNCI JAWABAN : A


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 76 dan 77!
Di sebuah kolam tinggallah beberapa ekor berudu. Kepalanya besar dan berekor panjang. Tubuhnya berwarna hitam. Mereka berenang ke sana ke mari.
Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya. Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?"
Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian mempunyai ekspresi yang lebar dan sepasang mata yang besar.
Carilah yang menyerupai itu."
Para berudu berterima kasih kemudian berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan ekspresi lebar dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu!Ibu!"
Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih."
(Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)

76. Komentar terhadap isi teks dongeng tersebut yang sempurna yakni ...
A Perbuatan induk ikan mas sangat bijaksana.
B. Anak gurame tidak sanggup mencari makan sendiri.
C. Induk berudu binatang yang tidak bertangguug jawab.
D. Berudu mencari induknya lantaran iri kepada anak gurame.
Jawaban: A

77. Tindakan terpuji tokoh pada teks tersebut yakni ....
A. menjelaskan sesuatu
B. memperlihatkan pertolongan
C. memberi makan anak-anak
D. membiarkan belum dewasa bermain
Jawaban: B

78. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Seperti teman-temannya yang lain, bekerjsama Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya membisu ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, menunjukan ibu belum punya uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, semenjak ayahnya meninggal tiga tahun yang lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya saya tak bisa memberi hadiah untuk Tommy temanku?” gumam Andi seraya berdiri dari tempat pembaringan. Ia beranjak menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, saya sudah punya hadiah untuk Tommy.”

Komentar mengenai amanat yang terdapat pada cerpen tersebut yakni ...
A. Cerita tersebut mengajarkan kita biar berusaha selalu memberi hadiah kepada sahabat orang tua!
B. Cerita tersebut mengajarkan kita biar jangan menyusahkan orang renta hanya lantaran ingin memberi hadiah teman!
C. Cerita tersebut mengajarkan kita biar menemani ibu kita ketika duduk-duduk di beranda!
D. Cerita tersebut mengajarkan kita biar mematikan lampu jikalau sudah tidak diperlukan!

Kunci Jawaban : B

79 Cermatilah penggalan berikut dengan saksama!
Pada selesai April lalu, pelajaran Indonesia yang tergabung dalam tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) bisa meraih dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu dari Olimpiade Fisika Asia VIII di Shang Hai Cina.
Komentar positif terhadap penggalan teks di atas  adalah….
A.      Wajarlah jikalau Tim Olimpiade Fisika Indonesia hanya meraih dua medali emas lantaran penerima dari Negara lain lebih pandai.
B.      Bagi saya, isu itu tidak menarik lantaran saya tidak suka dengan pelajaran fisika.
C.      Prestasi yang diraih oOlimpiade Fisika Indonesia masih belum maksimal lantaran mereka tidak meraih semua medali emas.
D.       Sebagai pelajar, saya turut gembira atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) lantaran bisa meraih banyak medali.
Jawaban: D

80. Cermati paragraph berikut!
Gempa dibengkulu mempunyai dimensi dukacita yang akan lain (1). Gempa terjadi di awal ramadhan (2). Satu bulan setelah tragedi tersebut warga akan merayakan Hari Raya Lebaran (3). Amat merisaukan jikalau dalam tempo hanya sebulan harapan ihwal kegembiraan sirna dari mereka-mereka yang tertimpa bencana(4). Di sinilah tantangan pemerintah (5).
Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam paragraph tersebut ditandai dengan nomor….
A.      (1) dan (2)
B.      (2) dan (3)
C.      (3) dan (4)
D.      (3) dan (5)
Jawaban : C

II. Essay
Perhatikan Kutipan Teks berikut ini, kemudian Jawab pertanyaan no 1 dan 2.
Dulu, setelah dunia selesai di ciptakan, burung gagak dan burung merak yakni dua sahabat yang rukun. Ketika itu warna burung gagak tidak hitam dan warna bulu  merak tidak lah seindah sekarang. Meski pun kedua burung itu bersahabat, memreka mempunyai watak yang sangat berbeda. Merak selalu kelihatan rapi, sedangkan gagak tampak begitu jorok. Gagak jarang membersihkan badan dan makan apa saja. Merak rajin sekali membersihkantubuh dan hanya makan buah dan sayur segar. Merak selalu menjaga kebersihan sarangnya. Berbeda dengan gagak. Gagak tak peduli dengan sarangnya yang penuh dengan sampah. Suatu hari gagak dan merak bercakap-cakap di tepi sungai.
“Sungguh membagakan bila buku yang kita miliki berwarna indah,” kata merak.
“Tidakkah kau bosan dengan warna bulumu yang hanya putih itu?”
“Ya, sungguh membosankan,” sahut gagak. “Bagaimana kalau kita mencari materi pewarna? Mula-mula saya akan mengecat bulu-bulumu, setelah itu, kau mengecat buluku. Bagaimana?”
Merak setuju. Setelah berhasil mengumpulkan materi pewarna mulailah gagak mengecat bulu-bulu merak. Merak yang selalu tampak rapi memberitahukan warna apa saja yang harus di gunakan. Gagak mengecat bulu-bulu merak dengan warnawarna yang sangat indah. “Sekarang giliranku mewarnaimu,” kata merak. Mulailah merak mengecat bulu-bulu gagak. Akan tetapi, gres sebentar saja gagak sudah merasa lapar. Ketika melihat bangkai seekor tikus terapung di sungai, ia tidak mau berlama-lama lagi.
“ Gunakan warna satu saja!” suruhnya. “Aku tak mau kehilangan makananku.”
“Sabar, teman,” timpal merak. “Bukankah kau menginginkan warna bulumu indah?”
“Aku tak peduli,” sahut gagak. “Aku tak mau kelaparan, warnai saja buluku dengan warna hitam!”
Merakpun melakukannya. Setelah itu, gagak segera melesat terbang untuk menyantap bangkai tikus. Sejak ketika itu, bulu burung merak berwarna indah dan bulu burung gagak berwarna hitam. (Sumber: Kumpulan Cerita Binatang, PT. ELex Media Komputindo, Jakarta, 2013)

1. Tentukan hal-hal berikut dari teks dongeng moral/fabel di atas!
       a. Judul yang tepat
       b. Isi cerita
       c. Tokoh dan karakter
       d. Amanat
2. Tentukanlah kekurangan teks dongeng moral/fabel di atas dari aspek struktur dan kaidah kebahasaanya. Setelah itu revisi/ perbaikilah kekurangan atau kesalahan tersebut!

Demikian info ihwal Berikut ini pola Soal Latihan PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013,  semoga bermanfaat, selamat mencar ilmu semoga sokses. Terima kasih telah berkunjung ke laman blog ini. Silahkan disharekan info ini jikalau bermanfaat.





= Baca Juga =





Demikianlah Artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Sekianlah artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-bahasa-indonesia_6.html

0 Response to "Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel