Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PATSMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Baca juga


Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kini sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) ialah evaluasi yang dilaksanakan pada simpulan semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Kaprikornus silahkan konfirmasikan kepada guru kau apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) IPS Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 adalah Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.

Berikut ini pola Soal Latihan PAT (UKK) IPS Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013

A.  Pilihan Ganda
Petunjuk:
Hitamkan bulatan pada huruf A, B, C atau D yang Anda anggap benar pada lembar jawaban  komputer !

1. Manusia juga dikenal sebagai mahluk ekonomi ( homo economicus ) lantaran ….
A. insan tidak sanggup hidup tanpa santunan orang lain
B. insan selalu ingin memenuhi kebutuhan
C. insan ialah mahluk ciptaan Tuhan
D. insan selalu berinteraksi dengan orang
Jawaban B

2. Konsumsi Eva terhadap bakso lebih tinggi dibaningkan konsumsi Rosi yang lebih menyenangi pempek. Hal ini menujukkan perbedaan....
A. pendapatan
B. keinginan
C. harga
D. selera
Jawaban D

3. Kelangkaan sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan  manusia akan mengakibatkan ….
A. kurangnya atau rendahnya pendidikan masyarakat
B. insan akan semakin gampang untuk memperoleh barang yang dibutuhkan
C. kurangnya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup
D. kesejahteraan insan akan sulit di wujudkan
Jawaban C

4. Tingkat konsumsi seseorang sanggup dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi. Jika harga barang-barang konsumsi naik, orang akan ....
A. menambah jumlah barang yang dikonsumsi
B. menambah jumlah jasa yang dikonsumsi
C. mengurangi jumlah barang yang dikonsumsi
D. beralih membeli barang yang dikonsumsi
Jawaban C

5. Kebutuhan akan barang glamor termasuk kebutuhan termasuk jenis kebutuhan ….
A. tersier
B. sekunder
C. primer
D. utama
Jawaban A

6. Produksi dalam arti sempit ialah ....
A. membuat barang dan jasa
B. mengambil eksklusif dari alam
C. membuat dan menigkatkan keindahan barang dan jasa
D. membuat dan meningkatkan kegunaan barang dan jasa
Jawaban A

7. Perhatikan pernyataan berikut ini
1) Beras 
2) perabot rumah tangga,
3) pakaian
4) lemari,
5) arloji,
6) Handpone,
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk kebutuhan sekunder ialah
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 4, 5 dan 6
C. 2, 3, 4 dan 5
D. 2, 4, 5 dan 6
Jawaban D


8. Diantara balasan berikut yang bukan tujuan distribusi, yaitu ....
A. menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
B. membantu kegiatan produsen dengan meningkatkan hasil produksi melalui pemasaran
C. membantu meningkatkan kegunaan barang
D. menjual barang dengan harga murah
Jawaban B

9. kebutuhan insan dibedakan menjadi dua macam yaitu: 1)   Kebutuhan Individual dan 2) Kebutuhan kelompok atau kolektif. Pembagian kebutuhan tersebut menurut katagori
A. subjek
B. sifat
C. waktu penggunaannya
D. Intensitasnya atau tingkatannya
Jawaban A

10. Maksud kreatif, yaitu ....
A. kemampuan berpikir kreatif
B. mempunyai kemampuan mencipta
C. mempunyai kemampuan memperkenalkan hal gres
D. mempunyai kemampuan berbagi hal baru
Jawaban B

11. Barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak  perlu pengorbanan disebut..
A. Barang Substitusi
B. Barang Komplementer
C. Barang bebas
D. Barang ekonomis
Jawaban C

12. Manfaat yang sanggup diperoleh kalau seseorang mempunyai jiwa wirausaha, yaitu sanggup ....
 A. mengandalkan orang lain
B. memimpin diri sendiri
C. mengandalkan orang renta
D. memimpin semua orang
Jawaban D

13. Barang yang penggunaanya sanggup saling melengkapi satu sama lain, lantaran bila tidak salah satu maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekalidisebut..
A. Barang Substitusi
B. Barang Komplementer
C. Barang bebas
D. Barang ekonomis
Jawaban B

14. Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada banyak sekali tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut ....
A. undangan
B. penawaran
C. aturan undangan
D. aturan penawaran
Jawaban A

15. Barang-barang  yang sanggup digunakan secara eksklusif untuk memenuhi kebutuhan insan disebut …
A. Barang Mentah
B. Barang Jadi
C. Barang Produksi
D. Barang Konsumsi
Jawaban D


16. Harga/Y


Berdasarkan gambar kurva di atas, sanggup disimpulkan bahwa:
A. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan bertambah
B. kalau harga naik, jumlah yang ditawarkan berkurang
C. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan sedang
D. kalau harga naik, jumlah yang ditawarkan bertambah
Jawaban D

17. Barang yang belum sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan tetapi harus melalui proses produksi terlebih dahuludisebut …
A. Barang Mentah
B. Barang Jadi
C. Barang Produksi
D. Barang Konsumsi
Jawaban A

18. Perhatikan kegiatan insan dalam memenuhi kebutuhan di bawah ini!
(1) Memberi pinjaman tanpa bunga untuk modal usaha.
(2) Membeli barang yang dianggap perlu dan penting.
(3) Menyisihkan dana untuk membantu sesama.
(4) Membeli barang yang berkualitas.
(5) Membantu orang lain yang mengalami kesulitan.
Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan kegiatan insan sebagai mahkluk sosial ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5
Jawaban D

19. Setiap acara yang dilakukan manusia  dengan cita-cita sanggup memperoleh penghasilan. Pernyatan tersebut berkaitan dengan
A. Motif Berbuat Sosial
B. Motif untuk Mendapatkan Penghargaan
C. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan
d. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan
Jawaban C

20. Berikut yang termasuk dalam motif ekonomi bagi pengusaha ialah....
A. biaya produksi setinggi-tingginya
B. mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
C. mendapatkan pegawai sebanyak-banyaknya
D.memproduksi barang sebanyak-banyaknya
Jawaban B

21. Ciri – ciri zaman Mesozoikum antara lain ….
A.  Belum ada kehidupan.
B.  Berkembang hewan kecil tak bertulang belakang.
C.  Berkembangnya jenis reptile raksasa.
D.  Berkembangnya jenis insan homo Sapien.
Jawaban : C
22. Perhatikan pernyataan berikut ini
Zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira semenjak 340 juta  tahun yang lalu. Zaman ini sudah ditandai  dengan munculnya gejala kehidupan,  antara lain munculnya binatang-binatang  kecil yang  tidak bertulang punggung, banyak sekali jenis  ikan,  amfibi  dan reptil.
Pernyaataan di atas mencerminkan sejarah perkembangan bumi secara geologis yang terjadai pada zaman
A.  Zaman Arkaikum
B.  Zaman Palaeozoikum
C.  Zaman Mesozoikum
D.  Neozoikum

23.  Masa kehidupan berburu dan berpindah – pindah berlangsung bersamaan dengan …
A.  Zaman Neolitik.
B.  Zaman Mesolitik.
C.  Kala Holosen.
D.   Kala Pleistosen. 
Jawaban : B.

24. Masa kehidupan hidup menetap dan bisa menghasilkan materi masakan sendiri melalui kegiatan bercocok tanam ialah …
A. Neolithikum
B. Mesolithikum
C. Paleolithikum
D. Megalithik
Jawaban A

25.  Di bawah ini merupakan perkakas peninggalan pada masa bercocok tanam ialah …
A.   Kapak perimbas – kapak genggam.
B.   Kapak perunggu – ember perunggu.
C.   Kapak persegi – kapak lonjong.
D.   Kapak corong – kapak sepatu.  
Jawaban : C

26. Bangunan berupa  batu  tegak atau  tugu yang berfungsi sebagai  tempat  pemujaan  roh nenek moyang atau tanda  peringatan  untuk orang yang telah meninggal, disebut ….
A. Batu Nisan
B. Menhir
C. Dolmen
D. Waruga
Jawaban A

27.  Pada masa ke – 5 telah terdapat imbas Hindu dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Buktinya ialah …
A.  Penggunaan bahasa Sansekerta dalam kehidupan sehari – hari.
B.  Makin lunturnya tabiat istiadat orisinil nenek moyang.
C.  Penggunaan bahasa Sansekerta dalam penulisan prasasti.
D.  Makin lunturnya bahasa Melayu.  
Jawaban : C

28.  Terori yang menyatakan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha dibawa  oleh pedagang India ialah …..
A. Teori Ksatria
B. Teori Waisya
C. Teori Brahmana
D. Teori Arus Balik
Jawaban B

29.  Teori yang menyebutkan peranan aktif bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu – Budha ke Indonesia ialah teori …
A.  Brahmana.
B.  Waisya.
C.  Ksatria.
D.  Arus balik.
Jawaban : D

30 Kerajaan pada zaman Hindu Budha yang terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur,  tepatnya  di hulu  sungai  Mahakam ialah kerajaan …
A.  Tarumanegara
B.  Sriwijaya
C.  Kutai
D.  Mataram Kuno
Jawaban : C

31. Prasasti Kedukan Bukit merupakan salah satu sumber sejarah yang menunjukan adanya kerajaan …
A.  Tarumanegara
B.  Sriwijaya
C.  Kutai
D.  Mataram Kuno
Jawaban : B

32.  Pengaruh kebudayaan Hindu – Budha dalam bidang pemerintahan ialah …
A.  Pemimpin masyarakat dipilih menurut kastanya.
B.  Pimpinan masyarakat yang dipilih ialah orang yang dianggap renta dan bijaksana.
C.  Pergantian pemimpin masyarakat menurut atas keturunannya.
D.  Gelar yang digunakan pemimpin ialah Datuk.
Jawaban : C

33.   Akulturasi antara kebudayaan Hindu – Budha dan kepercayaan orisinil Indonesia terlihat pada …
A.  Munculnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu – Budha.
B.  Raja dianggap sebagai keturunan dewa.
C.  Pembuatan arca sebagai perwujudan dewa.
D.  Bentuk candi yang berundak.
Jawaban : C

34. Kerajaan Singhasari didirikan oleh Ken Arok pada tahun …
A.  1222 M.
B.  1223 M
C.  1224 M
D.  1225 M
Jawaban : A

35. Agama Islam gampang diterima oleh rakyat Indonesia, alasannya ialah ….
A.  Persyaratan untuk masuk agama Islam hanya membaca Dua Kalimat Syahadat.
B.  Agama Islam disebarluaskan tidak dengan paksaan dan tanpa persyaratan.
C.  Adanya peraturan zakat sanggup memperingan beban ekonomi umat Islam yang ekonominya lemah.
D.  Agama Islam berkembang dengan mempergunakan wayang dan gamelan.
Jawaban : D

36. Salah satu Candi yang digunakan sebagai kawasan peribadatan agama Hindu adalah…
A.  Prambanan
B.  Borobudur
C.  Mendut
D.  Sewu
Jawaban : B

37.   Yang dianggap sebagai bukti peninggalan tertua wacana imbas agama Islam di Sumatera ialah …
A.  Istana Sultan Pasai.
B.  Nisan makam Sultan Malik al Saleh.
C.  Nisan makam Fatimah binti Maimun.
D.  Kubah masjid di Kutaraja.
Jawaban : B

38. Kesultanan   Demak merupakaN  kesultanan Islam pertama di Pulau Jawa. Kesultanan  ini didirikan sekitar masa ke-15 M oleh ….
A. Sunan Kalijaga
B. Sultan Iskandar
C. Fatahillah
D. Raden Patah
Jawaban : D

39.   Karya sastra bercorak islam berupa kitab – kitab yang berisi dilema Tasawuf ialah …
A.   Panji.
B.   Babad.
C.   Suluk.
D.   Hikayat.
Jawaban : C

40. Kesultanan Makassar mencapai puncak kejayaan pada masa   pemerintahan …..
A. Sultan Hasanuddin
B. Sultan Ageng Tirtayasa
C. Sultan Agung
D. Sultan Tidore
Jawaban : A

B. Esai
41. Berikan pola tindakan ekonomi yang didasarkan atas kejujuran, tanggung jawab dan santun!
Jawab :
a. Kejujuran : Seorang pedagang yang menjual dagangannya dengan dosis yang tepat.
b. Tanggung Jawab : Seorang petani yang mengolah, menanam, dan memanen hasil pertaniannya.
c. Santun : Seorang polisi yang mengayomi dan memperlihatkan tauladan yang baik bagi masyarakat.

42. Uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi!
Jawab :
a. Kegiatan Produksi, merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang/jasa, untuk memperoleh keuntungan, dan memenuhi kebutuhan konsumen.
b. Kegiatan Distribusi, merupakan kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Sistem distribusi: distribusi langsung, distribusi semi langsung, dan distribusi tidak langsung.
c. Kegiatan Konsumsi, merupakan kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan barang/jasa baik secara berangsur-angsur atau sekaligus habis.

43. Tuliskan lima macam kegiatan yang kau lakukan yang berdasar pada prinsip ekonomi!
Jawab :
a. Membeli barang dengan menentukan terlebih dahulu.
b. Membeli barang dengan kualitas bagus.
c. Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan.
d. Membeli barang bukan menurut keinginan melainkan kebutuhan.
e. Setiap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasar skala prioritas.

44. Sebutkan  4 macam motif ekonomi!
Jawab :
    a. Motif untuk memenuhi kebutuhan.
    b. Motif untuk berbuat sosial.
    c. Motif untuk mendapatkan penghargaan.
    d. Motif untuk memperoleh kekuasaan.

45. Mengapa dalam melaksanakan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi!
Jawab :
Ada beberapa alasan mengapa setiap tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi, yaitu guna mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin, memastikan pengorbanan yang dilakukan sesuai dengan hasil yang diharapkan, serta mendapatkan hasil yang maksimal dengan kemampuan dan alat yang tersedia.

46 Apa yang dimaksud dengan insan sebagai makhluk ekonomi!
Jawab :
Maksudnya yaitu bahwa insan selalu ingin memenuhi kebutuhan yang menurut cara-cara rasional sehingga diperoleh kesejahteraanya.

47. Berikan pola tindakan yang kau lakukan sebagai makhluk ekonomi dan sebutkan pula tujuan kau melaksanakan tindakan itu!
Jawab :
a. Tessy lebih menentukan berangkat ke sekolah dengan sepeda, selain menghemat biaya perjalanan, tubuh juga akan lebih sehat.
b. Tessy setiap pagi pukul 3 pagi selalu bangkit untuk beribadah dan belajar, dengan cita-cita selain untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, nilai akademiknya juga meningkat.
c. Tessy membuka toko waralaba lebih pagi dan menutupnya lebih larut daripada toko lain, hal ini bertujuan semoga tokonya mendapatkan keuntungan lebih banyak.

48. Apa yang dimaksud dengan insan sebagai makhluk sosial!
Jawab :
Makhluk yang selalu hidup bersama dan tidak sanggup hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya.

49. Berikan pola minimal 2 tindakan kau sebagai makhluk sosial!
Jawab :
    a. Melakukan Gotong Royong.
    b. Berperilaku sopan dan santun terhadap siapapun.
    c. Mentaati peraturan dan tabiat istiadat yang berlaku.

50. Berikan pola tindakan insan sebagai makhluk ekonomi sekaligus sebagai makhluk sosial yang bermoral!
Jawab :
a. Seorang ayah yang mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya sebagai Tim SAR, dimana Tim SAR ini bertugas dalam membantu orang lain.
b. Tessy yang memenuhi kebutuhan keluarganya dari pekerjaannya sebagai pemadam kebakaran, dimana DamKar ini bertugas memadamkan rumah warga yang terbakar.
c. Tessy yang berprofesi sebagai dokter, selain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, pekerjaannya juga guna membantu orang lain yang butuh bantuannya.

51. Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas?
Jawab :
Tiga (3) alasan mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas, yaitu lantaran alam menyediakannya terbatas, keterbatasan insan dalam mengolah sumber daya yang ada, serta kebutuhan insan yang sangat banyak.

52. Faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan perbedaan kebutuhan setiap orang?
Jawab :
Faktor-faktor itu antara lain Status sosial, pendapatan, selera, IPTEK, Jenis kelamin, taraf pendidikan dan lingkungan kawasan tinggal.

53. Jelaskan dengan pola ketika disebut barang bebas dan barang ekonomi!
Jawab :
a. Barang bebas ialah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak  perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air.
b. Barang hemat ialah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Misalnya buku, sepatu, perhiasan.

54. Jelaskan  mobil sanggup dikatakan sebagai konsumsi produktif juga bisa dikategorikan konsumsi akhir!
Jawab :
Hal ini tergantung motif ekonominya, apabila kendaraan beroda empat digunakan sebagai membantu kegiatan produksi maupun distribusi, maka kendaraan beroda empat dikatakan sebagai konsumsi produktif. Apabila kendaraan beroda empat digunakan hanya untuk jalan-jalan, rekreasi, maupun penggunaan umum lainnya, maka kendaraan beroda empat dikatakan sebagai konsumsi akhir.

55. Buatlah anggaran pendapatan dan belanja kalian dalam satu minggu dari uang saku yang kalian miliki!
Jawab :
  
 


56. Sebutkan ciri-ciri seorang wirausaha!
Jawab :
    a. Mempunyai kepribadian yang kuat.
    b. Memiliki sikap mental seorang wiraswasta.
    c. Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan.
    d. Memiliki keterampilan wiraswasta.
    e. Memiliki kemampuan untuk mencari informasi.

57. Jelaskan manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi!
Jawab :
Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi yaitu guna menghadapi tantangan hidup ekonomi yang berat di masa depan serta guna membantu membuat alternatif tindakan ekonomi.

58. Jelaskan hal-hal apa saja yang menghambat kreativitas seseorang!
Jawab :
Tidak percaya diri, Merasa belum siap, takut segala tindakan yang dilakukan tidak berhasil, berpikir tidak mempunyai bakat, terobsesi akan kegagalan di masa lalu, terlalu sibuk, terbiasa duduk dan menunggu.

59. Faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pola konsumsi seseorang!
Jawab :
Tinggi rendahnya pendapatan, tabiat istiadat disekitar kawasan tinggal, status sosial seseorang, usia oarang tersebut, harga barang di pasar, tingkat pendidikan seseorang dan kondisi geografis kawasan tinggal.

60. Jelaskan relasi antara kelangkaan dengan undangan dan penawaran!
Jawab :
Kelangkaan suatu barang akan mengakibatkan undangan akan semakin naik, sedangkan jumlah penawarannya akan semakin rendah. Hal ini akan berdampak pada harga barang yang akan semakin mahal.






= Baca Juga =





Demikianlah Artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013

Sekianlah artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-ips-kelas-7-smp.html

0 Response to "Latihan Soal Pat (Ukk) Ips Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel