Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel PATSMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-ppkn-pkn-kelas-7.html
Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) kini sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada selesai semester genap dengan bahan semua KD pada semester genap. Makara silahkan konfirmasikan kepada guru kau apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.
Berdasarkan ketentuan tersebut maka bahan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) PPKn - PKn Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 adalah Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan dan Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.
Berikut ini pola Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013
I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu balasan yang dianggap paling benar!
1. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh Empu Tantular dalam sebuah buku berjudul ....
A. Nagarakertagama
B. Sundayana
C. Sutasoma
D. Pararaton
A. Nagarakertagama
B. Sundayana
C. Sutasoma
D. Pararaton
Jawaban C
2. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang mempunyai toleransi dan perilaku saling menghargai. Oleh lantaran itu, diharapkan adanya ….
a. akad persatuan bangsa dalam keberagaman
b. akad untuk membangun wilayahnya masing-masing
c. akad untuk mensejahterakan rakyat di kawasan tertinggal
d. akad untuk memajukan wilayahnya dalam bingkai persatuan
Jawaban A
3. Lambang negara Indonesia ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang ditegaskan dalam pasal 36A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai ciri-ciri tertentu, salah satunya yaitu ....
A. tidak berkembangnya paham rasialisme
B. adanya perilaku diskriminasi di banyak sekali bidang
C. berkembangnya semangat kesukuan dan kedaerahan
D. tidak adanya perbedaan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara
C. berkembangnya semangat kesukuan dan kedaerahan
D. tidak adanya perbedaan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara
Jawaban D
4. Lagu Apuse dan Yamko Rambe Yamko berasal dari kawasan ....
a. Maluku
b. Papua
c. Sulawesi
d. Ambon
Jawaban B
5. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat biar sanggup mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali ….
a. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
b. Kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang
c. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
d. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku dan bahasa
Jawaban D
6. Rumah Gadang yaitu rumah adat dari kawasan ....
a. Sumatra Barat
b. Sumatra Selatan
c. Sumatra Utara
d. Jambi
Jawaban A
7. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai bahasa daerah. Bahasa kawasan yang satu dan lainnya berbeda. Perbedaan bahasa sanggup menyebabkan komunikasi antardaerah terganggu. Melalui bahasa Indonesia seluruh rakyat Indonesia sanggup berkomunikasi saling mengerti. Berdasarkan uraian tersebut bahasa Indonesia sanggup membuat ....
A. kerukunan dan ketertiban
B. persatuan dalam keberagaman
C. fasilitas dan kebahagiaan hidup
D. kebahagiaan hidup dalam keberagaman
A. kerukunan dan ketertiban
B. persatuan dalam keberagaman
C. fasilitas dan kebahagiaan hidup
D. kebahagiaan hidup dalam keberagaman
Jawaban B
8. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu lantaran ….
a. Bangsa Indonesia yaitu bangsa yang beragam
b. Bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika
c. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun
d. persatuan dan kesatuan sanggup memperkokoh bangsa Indonesia
Jawaban D
9. Perhatikan pernyataan berikut ini
1) Letak strategis wilayah Indonesia
2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda
3) Kondisi negara kepulauan
4) Perbedaan kondisi alam
5) Perbedaaan pendapatan dan mata pencaharian
6) Keadaan transportasi dan komunikasi
Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia di tunjukkan pernyataan nomor ….
a. 1, 2, 3 dan 4
b. 1, 3, 4, dan 6
c. 2, 3, 4 dan 5
d. 3, 4, 5 dan 6
10. Toleransi antarumat beragama sanggup tumbuh berkembang subur serta berakar dengan baik dan besar lengan berkuasa apabila ....
A. umat beragama menerima bimbingan dari pemuka agama
B. setiap warga negara selalu menghayati dan mengamalkan Pancasila
C. selama menerima pengawasan dari pemerintah dengan ketat dan teratur
D. setiap umat insan menerima kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
A. umat beragama menerima bimbingan dari pemuka agama
B. setiap warga negara selalu menghayati dan mengamalkan Pancasila
C. selama menerima pengawasan dari pemerintah dengan ketat dan teratur
D. setiap umat insan menerima kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
Jawaban B
11. Indonesia yaitu negara yang sangat rentan akan terjadinya perpecahan dan konflik. Hal ini disebabkan ….
a. Adanya pemisahan Tentara Nasional Indonesia dan POLRI
b. Banyaknya partai politik yang ingin berkuasa
c. Adanya otonomi kawasan menyebabkan kecemburuan antar kawasan lantaran kemajuan kawasan merata
d. Indonesia yaitu negara dengan keberagaman SARA.
Jawaban D
12. Bangsa Indonesia selalu berupaya mewujudkan masyarakat multikultural yang menghargai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Adapun perilaku yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan semboyan tersebut ialah ....
A. menilai kebudayaan lain secara subjektif
B. menganggap budaya sendiri paling baik dan benar
C. mendapatkan dan menghargai perbedaan kebudayaan
D. mengutamakan pemimpin yang berasal dari golongan sendiri
A. menilai kebudayaan lain secara subjektif
B. menganggap budaya sendiri paling baik dan benar
C. mendapatkan dan menghargai perbedaan kebudayaan
D. mengutamakan pemimpin yang berasal dari golongan sendiri
Jawaban C
13. Persatuan dalam keberagaman mempunyai arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat biar sanggup mewujudkan hal-hal sebagai berikut, kecuali
a. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
b. Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang
c. Persatuan demi kebersamaan dan kepedulian kelompok tertentu
d. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah
JAWAABAN A
14. Momentum yang merupakan konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat yaitu ….
a. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928
b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
c. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945
d. Penetapan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945
Jawaban A
15. Keberagaman suku yang ada di Indonesia harus dimaknai sebagai ....
a. Perpecahan bangsa
b. Kemunduran negara
c. Kekayaan bangsa
d. Kelemahan negara
JawabanC
16. Perhatikan kisah berikut!
Siregar pindah rumah dari Medan ke Lampung. Sekarang Siregar tinggal satu kompleks perumahan dengan Anto. Anto penduduk orisinil Lampung. Meskipun berbeda suku, Anto dan Siregar berteman baik. Suatu malam, peristiwa alam menimpa keluarga Siregar. Rumahnya mengalami kebakaran.
Sebagai tetangga dan sahabat yang baik, Anto mempunyai kewajiban ...
Siregar pindah rumah dari Medan ke Lampung. Sekarang Siregar tinggal satu kompleks perumahan dengan Anto. Anto penduduk orisinil Lampung. Meskipun berbeda suku, Anto dan Siregar berteman baik. Suatu malam, peristiwa alam menimpa keluarga Siregar. Rumahnya mengalami kebakaran.
Sebagai tetangga dan sahabat yang baik, Anto mempunyai kewajiban ...
A. meringankan beban yang diderita Siska.
B. menanyakan suku bangsanya dan menolongnya
C. mencari info wacana peristiwa alam yang sedang terjadi
D. mencari penyebab kebakaran dan menghitung kerugian yang di derita
Jawaban A
17. Kerja sama didorong oleh kodrat insan sebagai makhluk . . .
A. Sosial
B. Berakal
C. Beragam
D. Indvidual
Jawaban A
18. Bila kolaborasi antarumat beragama terwujud dengan baik akan tercipta ....
A. keseragaman agama
B. perpaduan pemikiran agama
C. ketahanan nasional yang mantap
D. keindahan dan kebersihan leingkungan
Jawaban C
19. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Melindungi bangsa dari bahaya dan gangguan.
(2) Mempertahankan kedaulatan negara.
(3) Memperkuat kedudukan militer.
(4) Menjaga keutuhan wilayah.
Tujuan kolaborasi dalam bidang pertahanan dan keamanan ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
Jawaban B
20. Contoh kolaborasi di lingkungan keluarga yaitu . .
A. Membantu orang renta menjaga adik
B. Mengerjakan kiprah makalah di rumah
C. Mengadakan berguru kelompok
D. Melaksanakan kegiatan ronda
Jawaban A
21. Gotong royong sebagai kebiasaan bangsa Indonesia mengandung manfaat untuk ....
A. mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama
B. meningkatkan taraf hidup setiap warganya
C. mewujudkan masyarakat yang lebih maju
D. meringankan beban orang di sekitar kita
Jawaban D
22. Prinsip kolaborasi dalam kegiatan ekonomi diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas ....
A. manfaat
B. kekeluargaan
C. usaha bersama
D. efektif dan efisien
Jawaban B
23. Musyawarah mufakat merupakan salah satu pola kolaborasi yang ada di masyarakat yang bertujuan . . .
A. Mengembangkan kehidupan demokrasi
B. Melestarikan kebudayaan bangsa
C. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
D. Menciptakan situasi sosial yang kondusif
Jawaban A
24. Berikut ini bentuk kegiatan gotong royong demi kepentingan umum, kecuali ....
A. membersihkan lingkungan sekitar
B. membantu tetangga berjualan
C. memperbaiki tempat ibadah
D. memperbaiki jalan lingkungan
Jawaban B
25. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Mempererat rasa kekeluargaan antarsesama.
(2) Menghindari adanya perbedaan di masyarakat.
(3) Menyelesaikan duduk kasus secara bersama-sama.
(4) Menghilangkan kekerabatan saling ketergantungan.
Tujuan gotong royong ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (2)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban A
26. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita harus memelihara dan membina kerukunan hidup antarumat beragama, contohnya dengan cara ....
A. berguru dan berdiskusi wacana duduk kasus agama
B. menghormati orang lain yang melaksanakan ibadah
C. menghadiri upacara ibadah umat agama lain
D. melaksanakan ibadah bersama umat pemeluk agama lain
Jawaban B
27. Dalam merumuskan atau menuntaskan suatu permasalahan bangsa Indonesia memakai cara yaitu ....
A. pawai
B. kampanye
C. demonstrasi
D. musyawarah mufakat
Jawaban D
28. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Sikap tenggang rasa.
(2) Kesediaan untuk tolong-menolong.
(3) Rasa kekeluargaan dan silaturahmi.
(4) Kemandirian dalam menuntaskan pekerjaan.
(5) Kemauan berkorban untuk kepentingan pribadi.
Nilai-nilai hidup bermasyarakat yang terkandung dalam budaya gotong royong ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Jawaban A
29. Para cowok yang mendengar bahwa Jepang telah mengalah kepada sekutu segera mendesak Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta untuk ....
a. Memberontak kepada sekutu
b. Memproklamasikan kemerdekaan
c. Menyerah kepada sekutu juga
d. Menolong Jepang dari kekalahan
Jawaban B
30. Tujuan mengheningkan cipta saat upacara yaitu untuk ....
a. Meneruskan jasa pahlawan
b. Mengenang jasa pahlawan
c. Istirahat sejenak
d. Menghafal lagu
Jawaban B
31. Proklamasi membangun peradaban gres dari bangsa yang digolongkan pribumi (pada masa penjajahan Belanda) menjadi bangsa yang mengakui persamaan harkat, derajat, dan martabat insan yang sama. Pernyataan di atas merupakan makna proklamasi kemerdekaan dilihat dari aspek
a. hukum
b. historis
c. sosiologis
d. kultural
Jawaban D
32. Di bawah ini merupakan sifat-sifat yang harus diteladani dari para pahlawan, antara lain ....
a. Pantang mundur, malas bekerja dan pemberani
b. Semangat, malas dan cinta tanah air
c. Semangat, rela berkorban dan cinta tanah air
d. Pemberani, rajin dan suka melawan
Jawaban C
33. Kita sebagai siswa harus sanggup meneruskan usaha para hero dengan ....
a. Menyerang negara penjajah
b. Menghancurkan negara lain
c. Melawan negara lain
d. Belajar dengan tekun
Jawaban D
34. Sikap hero yang sanggup kita teladani yaitu ....
a. Melakukan pemberontokan
b. Cinta tanah air
c. Cinta negara lain
d. Mengkhianati bangsa
Jawaban B
35. ”Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat aturan adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
Hal tersebut merupakan suara pasal
a. 18A ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
b. 18A ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
c. 18B ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d. 18B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Jawaban D
36. Kewenangan yang diberikan pemerintah pusat kepada kawasan untuk mengurus rumah tangganya sendiri dalam kerangka NKRI disebut………
a. desentralisasi
b. sentralisasi
c. otonomi daerah
d. dekonsentrasi
Jawaban C
37. Pemerintahan kawasan yaitu penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah kawasan dan DPRD berdasarkan asas otonomi dan kiprah pembantuan. Yang dimaksud dengan kiprah pembantuan yaitu ...
A. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada kawasan otonom untuk mengurus pemerintahan dalam NKRI.
B. Pelimpahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah kepada instansi vertikal di wilayah tertentu.
C. Penugasan dari pemerintah kepada kawasan dan atau desa dari pemerintah propinsi kepada kabupaten/kota dan atau desa untuk melaksanakan kiprah tertentu.
D. Wewenang, hak dan kewajiban kawasan otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah sesuai dengan peraturan perundang – undangan.
Jawaban C
38. Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau perangkat pusat di kawasan dinamakan ...
A.Tugas pembantuan
B.Dekonsentrasi
C.Otonomi daerah
D.Desentralisasi
Jawaban B
39. Perilaku siswa yang menawarkan upaya membela negara yaitu …
A. Belajar ulet dan menjaga nama baik bangsa
B. Anti terhadap hasil budaya bangsa lain
C. Berteman dengan mereka yang terpelajar saja
D. Selalu mengikuti perkembangan dunia
Jawaban A
40. Kewenangan daerah, meliputi kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan, kecuali………….
a. Pertahanan dan Keamanan
b. Pembangunan
c. Ekonomi
d. Kesehatan
Jawaban A
II. Essay
41. Jelaskan 3 (tiga) manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!
42. Tuliskan 4 Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
43. Tuliskan 5 Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan tubuh usaha lainnya
44. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan dilihat dari Aspek Hukum dan Sosiologis
45. Tuliskan tujuh prinsip yang menjadi paradigma dan arah politik yang mendasari pasal-pasal 18, 18A, dan 18B Undang-Undang Dasar 1945
Demikian informasi wacana pola Latihan Soal PAT (UKK) PPKn - PKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013, semoga bermanfaat. Jika dirasakan membantu jangan lupa untuk disharekan kepada teman-teman kau sedang menghadapi pelaksanaan Penialaian Akhir Tahun. Semoga Sukses.
Demikianlah Artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013
Sekianlah artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-ppkn-pkn-kelas-7.html
0 Response to "Latihan Soal Pat (Ukk) Ppkn - Pkn Kelas 7 Smp - Mts Kurikulum 2013"
Post a Comment