Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013 - Hallo sahabat kejar paket c, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel PATSMP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada final semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Kaprikornus silahkan konfirmasikan kepada guru kau apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan gambaran yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga gampang dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan gambaran yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-bahasa-indonesia.html
Judul : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
link : Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
Latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu evaluasi yang dilaksanakan pada final semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Kaprikornus silahkan konfirmasikan kepada guru kau apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.
Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 adalah Materi atau Kompetensi dasar yang diajarkan pada semester genap. Adapun meteri Bahasa Indonesia yang diajar di kelas 8 pada semester genap antara lain wacana Teks eksplanasi, Teks Ulasan, Teks Persuasi, Drama,
Berikut ini kumpulan pola latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013
Berilah tanda silang (X) pada lembar tanggapan A, B, C, D yang dianggap benar.
1. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah ….
a. Pengenalan fenomena
b. Rangkaian peristiwa
c. Ulasan
d. Pernyataan umum
Jawaban D
2. Jika Teks eksplanasi sebagai tanggapan atas pertanyaan bagaimana, maka uraiannya akan bersifat …..
a. kausalitas
b. kronologis
c. umum
d. khusus
Jawaban B
3. Bagian final / epilog dari sebuah teks eskplanasi adalah …
a. Pengenalan fenomena
b. Rangkaian peristiwa
c. Ulasan
d. simpulan
Jawaban D
4. Teks eksplanasi bertujuan …
a. menyatakan hasil laporan observasi
b. menyajikan hiburan
c. menyajikan informasi berupa fakta secara terang kepada pembacanya
d. menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal
Jawaban C
Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 5 – 6!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menjadikan kerugian baik materil ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya bila dikatakan bahwa fenomena gempa bumi yaitu insiden yang berdampak secara pribadi kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu petaka yang ditakuti oleh setiap orang.
5. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut yaitu pecahan dari …
a. Kronologis (urutan peristiwa)
b. Sebab atau akibat
c. Pengenalan fenomena
d. Asal-asul peristiwa
Jawaban C (bahasan wacana teks eksplanasi)
6. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …
a. belakangan ini
b. menjadikan
c. tidak berlebihan
d. berdampak
Jawaban A
7. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Semua produsen sanggup menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotrof. Sebagai produsen, flora hijau menghasilkan masakan melalui proses fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh flora itu sendiri maupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain, yaitu konsumen.
Penggambaran rangkaian kejadian dalam kutipan teks di atas disusun dengan pola
a. kronologis
b. kausalitas
c. umum
d. khusus
Jawaban B.
8. Perhatikan kutipan teks berikut ini
Otak bawah umur menyerap radiasi ponsel dua kali [...] banyak [...] orang dewasa. Radiasi ponsel menawarkan imbas jelek bagi kesehatan terutama anak-anak, [...] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya [...] kita menjauhkan ponsel dari bawah umur semenjak dini.
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. Sama, dengan, untuk, kalau
b. Lebih, daripada, bagi, jika
c. Sama, dengan, kepada, apabila
d. Lebih, daripada, meskipun, jika
Jawaban: D (bahasan wacana konjungsi)
9. Cermati kutipan berikut!
Beberapa daerah di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] Pemerintah sudah menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga memperlihatkan [...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan gres masih jelek [...] tidak segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas.
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a. biarpun, untuk, kalau
b. walaupun, bagi, bilamana
c. meskipun, bahwa, jika
d. walaupun, karena, seandainya
Jawaban: C (bahasan wacana konjungsi)
10. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi yaitu …
a. simpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
b. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c. peryataan tantang topik yang sedang dibahas
d. informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topic
Jawaban B
11. Urutan struktur teks ulasan yang benar yaitu …
a. Orientasi - Identitas karya - Sinopsis - Analisis - Evaluasi
b. Identitas karya - Orientasi - Sinopsis - Analisis - Evaluasi
c. Identitas karya - Orientasi - Sinopsis - Evaluasi - Analisis
d. Orientasi - Identitas karya - Sinopsis - Evaluasi - Analisis
Jawaban B
12. Berikut unsur identitas/data buku,kecuali...
a. judul buku
b. penulis buku
c. sinopsis
d. tebal halaman buku
Jawaban C
13. Cermati kutipan berikut!
Sejak awal sudah muncul tebakan seputar ke mana alur dongeng akan berjalan, mungkin lantaran formula yg digunakan terasa begitu dekat bagi penonton film Indonesia. Tentunya formula mujarab ini tidak berhenti hingga sini. Konon sederet film – film pembiasaan berpola sama diluncurkan tahun 2012 ini. Setidaknya keakraban 6 sekawan “Negeri 5 Menara ” masih sangat nikmat untuk diikuti meski formula filmnya sendiri sudah terlalu familiar.
Struktur teks di atas pecahan dari …
a. Orientasi
b. Identitas karya
c. Evaluasi
d. Analisis
Jawaban C
14. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Aspek menarik patut dicatat yaitu kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli dongeng hingga tataran karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibuat Dika mempunyai anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang digunakan pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam mewujudkan misi itu.
Kalimat sempurna untuk melengkapi ulasan/resensi rumpang tersebut adalah....
A. Dika ingin semua pecahan dalam buku dimasukkan ke dalam film semoga keutuhan plot dongeng tiga babak utuh.
B. Dika memisahkan beberapa pecahan dalam buku yang kurang menarik semoga tidak dimasukkan dalam pembuatan film.
C. Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film semoga keutuhan plot dongeng tiga babak utuh.
D. Dika merelakan beberapa pecahan dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film semoga keutuhan plot dongeng terjaga.
E. Semua komedian, termasuk Dika, menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak akan membuatnya bertambah lucu.
Jawaban: D
15. Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Buku Remaja Membangun Kepribadian menarik untuk dibaca semua kalangan. Buku Remaja Membangun Kepribadian memiliki ciri khas dibandingkan buku lain psikologi remaja. Gaya bahasa penulis gampang dipahami oleh pembaca. [....] Sebagian besar buku psikologi remaja memberikan gagasan secara berbelit-belit.
Kalimat sempurna untuk melengkapi resensi rumpang di atas adalah....
a. Berbagai jenis kecerdasan dan kemampuan dalam diri insan sanggup digunakan untuk membuatkan diri.
b. Tidak hanya itu, pembahasan dalam Buku Remaja Membangun Kepribadian singkat sehingga pembaca gampang memahami maksudnya.
c. Dalam buku ini dibahas visi dan misi yang harus ada dalam setiap diri insan semoga sanggup membuatkan potensinya.
d. Gambar gambaran yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadinya kepenatan pembaca.
Jawaban: B
16. Teks yang tidak termasuk dalam kategori ulasan yaitu ....
a. Editorial
b. Analisis
c. Propaganda
d. Resensi
Jawaban C
17. Bagian terakhir dalam menyusun teks ulasan yaitu …………
a. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi buku.
b. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
c. Merumuskan kesimpulan wacana isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
d. Membuat saran-saran untuk pembaca
Jawaban D
18. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Hasan merasa bahwa semua itu terjadi lantaran perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar dan berniat membunuhnya.
Kata bahwa dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang
b. temporal
c. penyebab
d. Konsesif
Jawaban A
19. Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Lama-kelamaan Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat.
Kata lantaran dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang
b. temporal
c. penyebab
d. Konsesif
Jawaban C
20 . (1) Suatu hari di sekolah diadakan diskusi bertema "Pengaruh rokok terhadap kesehatan". (2) Moderator mempersilakan pemrasaran, pemrasaran beropini bahwa rokokmerupakan sobat dekat yang merugikan bagi pengisap atau pencandu. (3) Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan sehingga nantinya sanggup mengurangi usia kita. (4) Di samping itu, menambah pengeluaran yang seharusnya ditabung untuk hari esok. (5) Oleh lantaran itu kurangi atau berhentilah merokok! 5)
Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (5)
Jawaban D
21. Bacalah paragraf berikut ini !
Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan. Sebaliknya, bila kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita. Oleh lantaran itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita.
Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf ?
a. Eksposisi
b. Argumentasi
c. Persuasi
d. Narasi
Jawaban C
22. Urutan struktur teks persuasif yang sempurna yaitu …
a. Pengenalan isu - Ajakan-ajakan - Rangkaian argument - Penegasan kembali
b. Pengenalan isu - Rangkaian argument - Ajakan-ajakan - Penegasan kembali
c. Pengenalan isu - Rangkaian argument - Penegasan kembali -Ajakan-ajakan
d. Rangkaian argument - Pengenalan isu - Ajakan-ajakan - Penegasan kembali
Jawaban B
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 22 – 23 :
(1) Sebagai seorang sastrawan, pekerjaan Djenar Mahesa Ayu menulis novel atau dongeng pendek. (2) Dari karya tersebut tentu pembaca memproleh banyak sekali manfaat. (3). Penyajian pesan penulis sastra halus dan sopan. (4) Hasil penulisannya jarang menjadikan hal-hal yang berbau SARA (5) Oleh lantaran itu, novel Djenar Mahesa Ayu diajurkan untuk dibaca.
22. Kalimat persuasive dalam kutipan di atas di tandai dengan nomor ..
a. (1) c. (4)
b. (2) d. (5)
Jawaban : D
23. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut di tandai dengan nomor…..
a. (1) c. (4)
b. (2) d. (5)
Jawaban : A
24. Rangkaian insiden dan konflik yang menggerakkan jalan dongeng disebut….
a. Tema
b. Amanat
c. Alur
d. Penokohan
Jawaban C
25. Tokoh yang tidak mengalami perubahan huruf dari awal hingga final dalam dalam suatu drama dinamakan …
a. tokoh berkembang
b. tokoh pembantu
c. tokoh serba bisa
d. tokoh statis
26. Yoga: kau sudah degar isu wacana Rury?
Pohan: belum, memang ada apa dengan Rury?
Yoga : Kemaren ia jatuh dari pohon mangga
Kakinya patah dan kini dirawat di rumah sakit.
Kakinya patah dan kini dirawat di rumah sakit.
Danu : ah, biarkan saja biar ia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah…..
a. tidak peduli.
a. tidak peduli.
b. Masa bodoh
c. Pencuriga
d. Perhatian
Jawaban : D
27. Munawardi : Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang: Mana…..mana orangnya ?
Dudi : Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi: Jangan…..jangan ! Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti tabiat Kurdi dalam kutipan drama tersebut bijaksana adalah…..
a. Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b. Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c. Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d. Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
Jawaban : D
28. Tokoh penentang disebut juga….
a.protagonis
b. antagonis
c.tritagonis
d.pembantu
Jawaban B
30. Berikut yang bukan unsur intrinsik drama adalah….
a. alur
b. tokoh
c. latar
d.analitik
Jawaban D
31. Bagian pertama yang dicantumkan pada format ringkasan isi buku nonfiksi adalah....
a. jumlah bab
b. ringkasan isi
d. identitas buku
d. judul buku
Jawaban: C
32. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan daftar pustaka yang sempurna yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 1, 3, 4, 2, 5
c. 3, 1, 2, 4, 5
d. 3, 5, 1, 4, 2
Jawaban: D
32. Perhatikan wacana berikut ini!
Buku ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA kelas XII acara studi ilmu alam, supaya sanggup dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan siswa sanggup mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa sanggup berguru aktif melalui acara di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan gambaran yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga gampang dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan gambaran yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan resensi di atas memaparkan wacana ...
a. Identitas buku dan Ikhtisar isi buku
b. Ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
c. Identitas buku dan kelebihan buku
d. Ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
Jawaban : C
33. Perhatikan wacana berikut ini!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 pecahan pada pembahasan pertama, 4 pecahan lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI membahas wacana “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas wacana “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas wacana “Kegiatan Berkesan”. Pada final buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi di atas memaparkan wacana ...
A. Identitas buku
B. Ikhtisar isi buku
C. Kelebihan dan kekurangan buku
D. Kesimpulan
Jawaban :B
34. Perhatikan wacana berikut ini!
Selain itu, semua goresan pena yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang akan kita peroleh bila kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. Bahasanya gampang dimengerti dan gampang untuk dipahami. Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, ibarat kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
Buku di atas membahas bidang ...
a. Teknik pertanian
b. Teknik bercocok tanam
c. Wirausaha di bidang tumbuhan dalam pot
d. Teknik melestarikan lingkungan
Jawaban :C
35. Perhatikan wacana berikut ini!
Di dalam buku ini terdapat banyak sekali keterampilan dasar dalam bercocok tanam. Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat bila anak itu sendiri sering membaca buku ini dan banyak sekali buku pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh banyak sekali pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga sanggup memanfaatkan buku ini sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf di atas memaparkan wacana ...
a. Kekurangan isi buku
b. Kegunaan buku
c. Kesesuaian kelompok umur pembaca
d. Nilai komersial buku
Jawaban : B
36. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan tumbuhan tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2018 akan mencapai 13.000 hektar, yang tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat di atas mengandung unsur-unsur fakta ...
A. tokoh, tempat, waktu, kejadian
B. waktu, kejadian, alasan, tempat
C. peristiwa, waktu, alasan, tempat
D. alasan, waktu, kejadian, tempat
Jawaban :A
37. Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
(1) Ketika itu pula ibu menceritakan bahwa kakanya Narothama lulus sebagai letnan muda dan dua ahad lagi akan diwisuda. (2). Suasana keluarga menjadi ceria mendengar kabar itu. Sambil bekerja tak henti-hentinya mereka memebicarakan Narothama. (3). Santi mewaili keluargana untuk menghadiri wisuda. (4). Malam keberangkatan santi tidak sanggup tidur nyenak, banyak yang direncanakan dan yang diharapkannya.
Bukti suasana yang harap-harap cemas dan gelisah pada kutiban cerpen tersebut yaitu pada kalimat nomor ……..
a. (4) c. (2)
b. (3) d. (1)
Jawaban : A
38. Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
Dua ahad sesudah telegram dari Imam tiba pula wesel dan surat dari santo, ibu sangat besar hati hingga meneneskan air mata senang ibu menyatakan pada bawah umur nya semoga tetap hidup ibarat apa yang dilakukan selama ini. Jangan congkaka lantaran abang mereka banyak membantu.
Pesan atau amanat yang terkandung dalam cuplikan cerpen tersebut adalah…..
a. Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya.
b. Dalam hidup ini harus membuktikan kemampuan pada oranag lai .
c. Dalam menawarkan santunan harus iklas
d. Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan.
Jawaban : D
39. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
(1) Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran jelek dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, ia membayariku supaya ia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia membaca wacana penculikkan bawah umur .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.
Pesan tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….
a. kita harus meragukan seseorang yang belum kita kenal
b. kita harus waspada di setiap kesempatan.
c. Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.
d. Kita harus berbuat kepada siapa saja
Jawaban : A
40. Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!
Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
…….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling ibarat dia. Dua hari yang kemudian itu kukemas pakaian-pakaian bekas bawah umur yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian renta milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang ia terima. Kami bahwasanya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan ibarat itu telah ditanamkan orang tuaku semenjak saya masih kecil.
(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)
…….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling ibarat dia. Dua hari yang kemudian itu kukemas pakaian-pakaian bekas bawah umur yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian renta milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang ia terima. Kami bahwasanya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan ibarat itu telah ditanamkan orang tuaku semenjak saya masih kecil.
(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)
Sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen diatas adalah…
a. Orang pertama sebagai pelaku utama
b. Orang pertama sebagai pelaku sampingan
c. Orang kedua
d. Orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban : A
41. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Monpera atau monumen usaha rakyat merupakan salah satu bangunan ke banggaan warga palembang betapa tidak monumen yang memanjang patung bururng garuda di dinding depanya ini dibangun untuk mengenang usaha rakyat sumantara selatan melawan penjajah pada masa fisikyang dikeel dalam Pertempuran Lima Malam, di sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran. Melawan penjajah belanda.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah…..
a. pemanjang patung garuda pada Monpera
b. bangunan pujian warga Palembang
c. usaha rakyat sumanterselatan dalam monpera
d. penaggalangan rakyat palembang dalam monpera
Jawaban : B
42. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Pasar jamu dan obat tradisional di sejumlah Negara ASEAN masih sangat terbuka lebar. Termasuk di antaranya negara Malaysia dan Singapura yang masyarakatnya tergolong gemar mengonsumsi jamu dan obat tradisional. Produsen jamu asal Indonesia dengan dukungan tumbuhan obat melimpah, sangat berpotensi membuatkan sayap ke banyak sekali negara dunia, termasuk daerah ASEAN.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah……..
a. Negara Malaysia dan Singapura gemar mengonsumsi jamu.
b. Pasar jamu dan obat tradisional masih sangat terbuka lebar.
c. Indonesia sebagai produsen jamu.
d. Indonesia terdapat banyak tumbuhan obat.
Jawaban : B
43. Mereka melakukan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian kalimat yang mengakibatkan ketidak efektifan kalimat tersebut adalah….
a. mereka, daripada
b. kegiatan. Selalu
c. daripada, sering
d. daripada, yang
Jawaban : C
44. (1). Pantai Nusa Penida mempunyai tata keindahan alam maritim yag sanggup memancing keindahan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman damai dari hiruk pikuk kota. (2). Khusus bagi mereka yang hobi menyelam . Pantai Nusa Penida merupakan aqurium alam seukuran raksasa. (3). Pantai penida, tempat yang cocok untuk berternak penyu.
Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat perbaikan terhadap nomer 3 adalah….
a. Pantai Nusa Penida tidak jauh dari kota
b. Pantai Nusa Penida tempat meneliti tempat luas.
c. Pantai Nusa Penida segera dibangun sebagai tempat riset.
d. Pantai Nusa Penida tempat yang sempurna bagi yang menyukai wisata
JAWABAN : D
45. Peristiwa berebut air higienis sering terjadi pada ketika ekspresi dominan kemarau, …. hal ini terjadi semakin minimnya jumlah air higienis yang ada disumur-sumur.
Isilah pecahan yang rumpang itu dengan menawarkan konjungsi….
A. Sebab
B. Tetapi
C. Mengakibatkan
D. Karena
Jawaban D
46. Kalimat yang memakai kata tidak baku adalah…
a. Indonesia terus bekerja keras untuk memajukan teknologinya.
b. Penulis sudah pernah mengkaji hasil penelitiannya dengan seksama.
c. Indonesia belum juga menemukan langkah faktual untuk mengatasi duduk perkara pengangguran.
d. Untuk menjaga kedaulatannya, Indonesia menambah kuantitas Armada di Kawasan Ambalat.
Jawaban : B
47. Pada kurun global, sumber daya insan (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar. Usaha untuk mendapat (SDM) ahli sanggup dilakukan melalui banyak sekali cara contohnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, seminar atau kegiatan sejenis, cara yang efektif untuk menghasilkan SDM ahli yaitu melalui jalur pendidikan dengan mengikuti pendidikan tertentu. Seseorang sanggup berguru menurut kurikulum yang terprogaram dan hari efektif yang pasti.
Simpulan tersirat dari paragraf tersebut adalah…..
a. Pada kurun global, sumber daya insan (SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar.
b. Jalur pendidikan dianggap lebih efectif untuk menghasilkan SDM andal.
c. SDM ahli sanggup dilakukan melalui banyak sekali cara antara cara pendidikan dan pelatihan.
d. SDM yang ahli menjadi kebutuhan fundamental bagi setipa negara baik negara maju dan berkembang.
Jawaban : B
48. Musik berirama dangdut banyak penggemarnya remaja ini. Jenis musik tersebut tidak hanya di senangi oleh masyaraakat pedesaaan tatapi juga masyarakat perkotaan. Oleh alasannya yaitu itu tidaklah berlebihan jiak semua stasiun TV yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama dangdut meskipun dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman memanfaatkannya.
Rangkuman yang sempurna untuk paragraf tersebut adalah…..
a. Musik dangdut digemari banyak sekali kalangan sehingga di programkan oleh stasion televisi.
b. Musik dangdut berkembang pesat berkat pengusaha rekaman serta stasion televise
c. Kini penggemar musik dangdut masyarakat pedesaan, tetapi juga masyrakat perkotaan.
d. Masyarakat pada umumnya senang tayangan musik dandut lantaran gampang dinikmati.
JAWABAN : A
49. Bagian final dongeng yang menggambarkan penyelesaian atas konflik-konflik yang dialami para tokohnya disebut …
a. Resolusi
b. Komplikasi
c. Orientasi
d. Anti Klimak
JAWABAN : A
50. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Berupa cerita.
(2) Menarik untuk ditonton
(3) Berbentuk dialog.
(4) Bertujuan untuk dipentaskan.
(5) Ditayangkan melalui TV
Ciri utama drama ditunjukkan nomor …
a. 1,2 dan 3
b. 1,3 dan 4
c. 2, 3 dan 4
d. 3, 4 dan 5
Jawaban : B
Baca Juga .
Latihan Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) PPKn (PKn) Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Penjasorkes Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Demikian info wacana Soal Latihan PAT / UKK Bahasda Indonesia Kelas VIII (8) SMP/ MTS Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.
Demikianlah Artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013
Sekianlah artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013 dengan alamat link https://kejar-paket-c-di-indonesia.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-pat-ukk-bahasa-indonesia.html
0 Response to "Latihan Soal Pat (Ukk) Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp - Mts Kurikulum 2013"
Post a Comment